Kospi 5 Agustus Bullish 3 Hari Berturut, Saham Farmasi Ada Yang Melonjak 29%

457
indeks kospi
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa  saham Korea Selatan  hari Rabu (5/8/2020) menguat untuk hari ketiga berturut-turut dan indeks Kospi ditutup pada posisi tertinggi hampir 2 tahun. Sentimen investor terangkat oleh harapan stimulus lebih lanjut dari pemerintah Amerika Serikat.

Partai Demokrat dan negosiator top dari pemerintahan Trump  menyatakan kesepakatan mengenai paket stimulus coronavirus dapat dicapai pada akhir minggu, meskipun kedua belah pihak masih memiliki sejumlah perbedaan untuk diselesaikan bersama-sama. Investor Korea Selatan terus mengawasi perkembangan langkah-langkah paket stimulus  AS tersebut dan juga data laporan pekerjaan AS malam nanti.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) ditutup naik 31,89 poin atau 1,4 persen lebih tinggi ke posisi 2.311,86,  penutupan  tertinggi sejak  1 Oktober 2018. Demikian untuk indeks Kospi200 berjangka menguat 3,60 poin atau 1,19% ke posisi 306.64,  setelah sempat  turun ke posisi rendah di 302.91 dan naik ke posisi tertinggi  306.67.

Rally saham di Kospi mendapat support dari pergerakan kuat saham-saham kapital besar seperti samsung Samsung Electronics ditutup 0,7 persen lebih rendah, saham pembuat mobil terkemuka Hyundai Motor menambahkan 1,13 persen dan saham  Hyundai Mobis naik 2,16 persen.

Saham-saham pabrikan obat bergerak paling kuat seperti saham Hanmi Pharmaceutical melonjak  29,91 persen setelah mengatakan telah mengekspor teknologi untuk bahan obat perawatan hati ke produsen obat global terkemuka Merck Sharp & Dohme (MSD). Perusahaan-perusahaan farmasi lain yang menguat seperti saham Samsung Biologics naik 7,07 persen  dan saham Celltrion naik 4,3 persen

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here