Harga Minyak Sawit Naik ke Tertinggi Satu Minggu

790

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak sawit pada penutupan pasar hari Rabu naik  ke tertinggi satu minggu, naik untuk ke tiga kali berturut-turut karena menguatnya harga minyak nabati lainnya.

Harga minyak sawit Nopember di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik 26 ringgit atau 96% menjadi 2,737 ringgit ($656.35) per ton, harga penutupan tertinggi sejak 10 Agustus.

Harga di pasar fisik kembali menguat setelah mengalami penurunan karena ekspor minyak sawit Malaysia berkurang lagi dan menguatnya ringgit membuat terjadi kenaikan harga.

Ekspor minyak sawit Malaysia selama 1 – 15 Agustus turun 20.2% dari bulan lalu, menurut Societe Generale de Surveillance.

Sementara Cargo Surveyor akan mengeluarkan data ekspor Malaysia 1-20 Agustus pada hari Kamis.

Ringgit, sebagai mata uang yang dipakai sebagai harga minyak sawit, menguat 0.24% terhadap dolar, membuat harga minyak sawit menjadi lebih mahal untuk pembeli diluar Malaysia.

Pada hari Rabu transaksi sedikit karena pada hari Kamis hari libur di Malaysia dan akan bursa dibuka kembali pada hari Jumat.

Indonesia akan meningkatkan ekspor minyak sawit pada masa yang akan datang untuk mendukung program biodiesel sementara harga minyak mentah diperkirakan masih melemah sampai tahun depan.

Produksi Indonesia turun 8.9% menjadi 23.5 juta ton pada periode Januari – Juni. dan ekspor turun 7%, sementara itu Indonesia masih memfokuskan program penggunaan biodiesel dari minyak sawit untuk penggunaan domestik.

Di Malaysia bencana banjir dan kekurangan pekerja di perkebunan kelapa sawit membuat produksi Malaysia juga berkurang.

Cina berencana untuk membeli  2 juta ton minyak kedelai dalam rangka memulai kembali program  mengisi persediaannya dengan membeli kedelai dari AS, sehingga meningkatkan harga minyak kedelai di bursa Dalian.

Harga minyak kedelai di Dalian naik 0.9% sementara harga minyak sawit naik 1.51%. Harga minyak kedelai di CBOT naik 0.72%.

Analisa tehnikal untuk minyak sawit dengan support di 2,600 ringgit dan berikut ke 2,570 ringgit sedangkan resistant berada di  2,730 ringgit dan berikut ke 2,760 ringgit.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here