Harga Minyak Merosot Setelah Arab Saudi Turunkan Harga di Asia

678

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak turun lebih dari 1% pada hari Senin (07/09) setelah sebelumnya mencapai level terendah sejak Juli karena Arab Saudi melakukan pemotongan harga bulanan terendah untuk pasokan ke Asia dalam lima bulan sementara optimisme tentang pemulihan permintaan mereda di tengah pandemi virus corona.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate AS tergelincir 57 sen, atau 1,43% menjadi $ 39,20 per barel setelah sebelumnya turun menjadi $ 38,55, terendah sejak 10 Juli.

Harga minyak mentah Brent berada di $ 42,14 per barel, turun 52 sen atau 1,22%, setelah sebelumnya meluncur ke $ 41,51, terendah sejak 30 Juli.

Dunia tetap dibanjiri minyak mentah dan bahan bakar meskipun ada pemotongan pasokan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC +, dan upaya pemerintah untuk merangsang ekonomi global dan permintaan minyak. Akibatnya, pabrik penyulingan telah mengurangi produksi bahan bakar mereka, menyebabkan produsen minyak seperti Arab Saudi menurunkan harga untuk mengimbangi penurunan permintaan minyak mentah.

Libur Hari Buruh pada hari Senin menandai akhir tradisional musim puncak permintaan musim panas di Amerika Serikat dan memperbaharui fokus investor pada permintaan bahan bakar yang lesu saat ini di pengguna minyak terbesar di dunia.

Eksportir minyak utama dunia Arab Saudi memangkas harga jual resmi bulan Oktober untuk minyak mentah Arab Light yang paling banyak dijual ke Asia sejak Mei, menunjukkan permintaan tetap lemah. Asia adalah pasar terbesar Arab Saudi menurut wilayah.

Pada Agustus, kelompok OPEC + mengurangi pengurangan produksi menjadi 7,7 juta barel per hari setelah harga minyak global membaik dari posisi terendah dalam sejarah yang disebabkan oleh pandemi virus corona yang memangkas permintaan bahan bakar.

Minyak juga berada di bawah tekanan karena perusahaan AS meningkatkan pengeboran untuk pasokan baru setelah pemulihan harga minyak baru-baru ini.

Perusahaan energi AS minggu lalu menambahkan kilang minyak dan gas alam untuk kedua kalinya dalam tiga minggu terakhir, menurut laporan mingguan oleh Baker Hughes Co pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi lemah setelah Arab Saudi menurunkan harga minyak terendah di Asia, juga pandemi coronavirus masih menekan permintaan. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 39,00-$ 38,52. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 39,41-$ 39,68.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here