Harga Gandum Naik Di Awal Minggu, Karena Cuaca Kering Masih Berlangsung

687
gandum

(Vibiznews – Commodity) – Harga gandum masih naik pada penutupan pasar di awal minggu, karena cuaca kering yang masih berlangsung di Rusia dan sebagian AS dan Uni Eropa.

Harga gandum Desember  di CBOT naik  6.25 sen menjadi $5.9950 per bushel.

Laporan pertumbuhan tanaman mingguan dari NASS, tanaman gandum musim dingin sudah bertumbuh 89% sampai 22 Nopember, lebih cepat dari rata-rata 5 tahun.

Laporan pengiriman ekspor mingguan dari USDA untuk gandum sampai 19 Nopember sebesar 358,077 MT naik 7.1% dari minggu lalu namun turun 17.71% dari tahun lalu pada minggu yang sama. Akumulasi pengiriman gandum sebesar 12.396 MMT (445.5 mbu) naik 0.34% dari tahun lalu. Perkiraan laporan tahunan WASDE dari USDA sebesar 975 mbu naik 10 % dari tahun lalu.

Cuaca di ladang gandum dunia:

  • Cuaca di AS mixed cenderung baik di hampir semua negara bagian, tapi cuaca kering masih berlangsung di sebelah barat Great Plains, Barat Daya Kansas, sebelah tenggara Colorado.
  • Pada minggu lalu di Ukraina dan Rusia Selatan turun hujan, ini akan mempengaruhi kelembaban tanah sampai pada musim semi nanti. Sebelah barat Australia cuaca membaik dengan hujan mulai turun. Ladang gandum di Canada curah hujannya tidak merata.
  • Di Perancis area yang sudah ditanami gandum sebesar 95% dan diharapkan akan menghasilkan panen pada tahun depan, dan kondisi dari tanaman gandum musim dingin dalam keadaan baik menurut France AgriMer.

Harga gandum dunia naik sedikit dan cenderung stabil, karena persediaan Rusia cukup untuk pasar, juga persediaan Australia meningkat karena baru berlangsung panen.

Permintaan akan gandum di dunia terus membaik sehingga harga gandum masih tinggi, harga gandum di Rusia cenderung tinggi karena persediaan terbatas, petani menyimpan gandumnya untuk persediaan karena cuaca kering.  Selain itu faktor kenaikan Harga gandum  karena cuaca kering di Rusia dan sebagian ladang gandum AS.

Karena harga gandum di Uni Eropa dan Rusia naik maka ekspor gandum Polandia meningkat pada beberapa minggu terakhir karena harga gandumnya lebih murah dari harga gandum di negara Laut Baltic dan Jerman. Di pelabuhan Gdynia, Polandia kapal memuat 65,000 ton gandum ke Arab Saudi dan 63,000 ton ke negara yang tidak diketahui, dan 30,000 ton ke Aljazair. Di pelabuhan Swinoujscie, Polandia kapal memuat 50,000 ton gandum ke negara yang tidak diketahui dan 30,000 ton ke Aljazair dan yang lain juga mengirim 55,000 ton gandum ke Kenya.

Analisa tehnikal untuk gandum dengan support di $5.87 dan berikut ke $5.80 sedangkan resistant pertama di $6.06 dan berikut ke $6.13.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here