Harga Jagung Naik Pada Akhir Minggu, Karena Pelarangan Ekspor Jagung di Argentina

897
jagung

(Vibiznews – Commodity) – Harga jagung naik pada penutupan pasar hari Jumat, harga jagung masih sekitar harga tertinggi 6 ½ tahun, karena persediaan di Amerika Selatan turun karena kekeringan dan pelarangan pengiriman ekspor jagung Argentina.

Harga jagung Maret di CBOT naik 2.25 sen menjadi $4.9625 per bushel.

Perkiraan untuk laporan bulanan persediaan dan permintaan pada hari Selasa WASDE dari USDA, perkiraan rata-rata persediaan jagung sebesar 11.951 bbu menurut survey Reuters. Para pedagang mengurangi perkiraan persediaan jagung pada 1 Desember  berkurang 103 mbu menjadi 1.599 bbu dari perkiraan 1 September.

Laporan ekspor mingguan untuk jagung dari USDA sampai 31 Desember sebesar 748,910 MT turun dari minggu lalu namun naik 362% dari tahun lalu pada minggu yang sama. Negara pembeli terbesar adalah Jepang kemudian negara yang tidak dikenal, dan Mexico. Akumulasi pengiriman ekspor jagung sebesar 43.944 MMT atau 1.73 bbu sampai 31 Desember.

Laporan bulanan Census data mengatakan bahwa jagung yang dikirim di bulan Nopember sebesar 150.48 mbu, naik 3.8% dari bulan Oktober dan naik 54% dari tahun lalu. DDGS shipment melaporkan pengiriman di bulan Nopember sebesar 927k MT.

Ekspor etanol mencapai  jumlah tertinggi sejak bulan April sebesar 113.62m galon, dan dikirim ke Cina sebesar 32,68 m galon.

Argentina menyetujui untuk melarang ekspor jagung setelah mengadakan pertemuan dengan produsen dan industri.

Permintaan ekspor jagung AS meningkat karena harga jagung AS paling murah di pasar dunia. Tetapi permintaan jagung domestik berkurang karena permintaan etanol berkurang.

Hujan turun di Pusat dan Utara Brazil sedangkan di Selatan Brazil dan Argentina masih kering, karena pola musim secara keseluruhan masih kering dan perkiraan di Selatan Brazil dan Argentina akan kering. Menurut perkiraan hujan akan  beralih ke selatan Brazil dan Argentina setidaknya tanaman akan menerima hujan yang sedikit.

Analisa tehnikal untuk jagung dengan support pertama di $4.80 dan berikut ke $4.73 sedangkan resistant pertama di $4.98 kemudian ke $5.02.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here