Harga Emas Turun Pasca Pernyataan Dovish Ketua The Fed AS

572

(Vibiznews – Commodity) Harga emas turun tipis pada hari Kamis (25/02) setelah pernyataan dovish Ketua Federal Reserve Jerome Powell.

Harga emas spot turun 0,68% menjadi $ 1.792,43 per ons.

Harga emas berjangka AS naik 0,37% menjadi $ 1.791.20.

Powell, yang bersaksi di depan Komite Layanan Keuangan DPR AS, terus memperkuat janji bank sentral AS untuk mengembalikan ekonomi ke pekerjaan penuh, dan untuk tidak khawatir tentang inflasi kecuali harga mulai naik dengan cara yang terus-menerus dan mengganggu.

Tolok ukur imbal hasil Treasury AS melayang di dekat puncak satu tahun yang dicapai di sesi sebelumnya. Hasil yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak menghasilkan.

Dolar melemah di dekat posisi terendah tiga tahun versus mata uang berisiko.

Para bankir sentral di seluruh dunia dengan tegas mengatakan bahwa tidak ada rencana untuk mengurangi pencetakan uang dalam waktu dekat, atau menaikkan suku bunga, tetapi pasar tampaknya tidak menghiraukannya.

Studi besar dunia pertama tentang vaksin Pfizer / BioNTech yang ditinjau secara independen menunjukkan bahwa suntikan itu sangat efektif dalam mencegah COVID-19, dalam momen yang berpotensi penting bagi negara-negara untuk mengakhiri lockdown dan membuka kembali ekonomi.

Penjualan rumah baru keluarga tunggal AS meningkat lebih dari yang diperkirakan pada bulan Januari, didorong oleh tingkat hipotek yang rendah secara historis dan kekurangan rumah yang sebelumnya dimiliki di pasar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi lemah dengan penurunan permintaan safe haven seiring harapan pemulihan ekonomi dengan terus diluncurkannya vaksin covid-19 dan harapan data ekonomi positif seperti di AS dan Eropa. Harga emas berjangka AS diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1.780-$ 1.768. Namun jika harga naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1.796-$ 1.803.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here