Rekomendasi Minyak 25 Mei 2021: Berbalik Naik karena Beberapa Faktor

534

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) berbalik naik ke $65.87 dari penurunannya di sekitar $63.70 pada awal perdagangan sesi pagi di Asia.

Kenaikan harga minyak mentah WTI disebabkan karena semakin cepat dan luasnya pemulihan di negara – negara Barat termasuk di Amerika Serikat dan negara – negara di Eropa. Hal ini membuat naiknya ekspektasi permintaan minyak mentah WTI.

Kenaikan harga emas hitam ini bertambah dengan meredanya kekuatiran akan bertambahnya supply minyak mentah WTI sehubungan dengan dipulihkannya kesepakatan nuklir antara Iran dengan Amerika Serikat.

Kenaikan harga minyak mentah ditambah lagi dengan terus melemahnya dollar AS.

Sentimen bearish mendominasi dollar AS. Dollar AS berjuang untuk mengkapitalisir pemulihan yang terjadi pada hari Jumat minggu lalu dari level terendah sejak bulan Januari ditengah penurunan yang berkelanjutan dari yields obligasi treasury AS. USD gagal untuk mengambil keuntungan dari spekulasi bahwa the Fed akan memperketat Langkah-langkah stimulus daruratnya lebih cepat daripada yang direncanakan ditengah tanda-tanda meningkatnya tekanan inflasi.

Ekspektasi ini didorong oleh laporan PMI pada hari Jumat minggu lalu yang menunjukkan bahwa aktifitas bisnis di sektor jasa berkembang dengan kecepatan yang mencetak rekor pada bulan Mei dan bahwa harga-harga terus meningkat tajam.

Sementara itu, sentimen bullish di pasar saham global dipandang sebagai faktor yang lain yang mendorong jatuhnya dollar AS. Meskipun dengan tidak adanya berita utama dari kalender ekonomi, penurunan dollar AS ini dipandang sebagai kesempatan untuk membeli diharga yang rendah.

“Support” terdekat menunggu di $65.78 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $65.46  dan kemudian $65.00. “Resistance” yang terdekat menunggu di $66.08 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $66.29 dan kemudian $67.21.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here