Data Ekonomi AS Menjadi Perhatian – Market Mover 24 Juni 2021 by Asido Situmorang

741

(Vibiznews – Market Mover) Pasar perdagangan global akan mencermati data penting Amerika Serikat pada hari Kamis ini. Setelah pada hari Rabu kemarin data Manufaktur AS terealisir meningkat, maka pada hari Kamis ini ada tiga data penting yang diindikasikan memberikan dukungan bagi penguatan ekonomi AS.

Kamis malam ini akan dirilis data Durable Goods Orders bulan Mei yang diindikasikan rebound positif setelah bulan sebelumnya mengalami kontraksi.
Juga Kamis malam akan dirilis data GDP Growth Rate Final Q1 yang diindikasikan terjadi peningkatan dari 4,3% menjadi 6,4%.
Juga waktu yang sama Kamis malam akan dirilis data Initial Jobless Claim yang diindikasikan terjadi penurunan.
Jika ketiga data yang dirilis Kamis malam ini terealisir sesuai yang diindikasikan, maka akan memberikan sentimen dukungan penguatan ekonomi AS.

Bagaimanakah pengaruh data ekonomi AS bagi pasar perdagangan global?

Dari pasar Forex, sentimen penguatan data ekonomi AS jika data Durables Goods Orders dan GDP Growth Rate Final Q1 terealisir naik dan data Jobless Claim terealisir turun akan menguatkan dolar AS, sehingga akan menekan mata uang saingan dolar lainnya seperti Euro dan Poundsterling.

Dari pasar Index, penguatan data ekonomi AS akan menguatkan bursa Wall Street, yang juga akan mendukung penguatan bursa global lainnya seperti bursa Eropa dan bursa Asia. Bursa Eropa juga berpotensi menguat jika data Ifo Business Climate Jerman bulan Juni terealisir meningkat.

Dari pasar Komoditas, harga emas diperkirakan melemah jika dolar AS menguat dengan dukungan penguatan ekonomi AS. Sedangkan harga minyak berpotensi naik dengan penguatan ekonomi AS memberikan harapan peningkatan permintaan, penurunan pasokan minyak mentah mingguan AS juga memberikan dukungan harga minyak.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here