Menantikan Pernyataan Powell dan Persetujuan Penuh Vaksin Pfizer – Market Mover 25 August 2021

717

(Vibiznews – Market Mover) Pasar perdagangan global pekan ini akan mencermati pernyataan The Fed AS yang diperkirakan akan mengurangi pembelian obligasi pada bulan November, dimana bank sentral AS ini kemungkinan akan memilih untuk membatalkan pembelian saat itu dan pada pertemuan berikutnya. The Fed telah memulai diskusi untuk menarik kembali program pembelian obligasi senilai $120 miliar per bulan pada akhir tahun ini.

Fokus pasar sekarang ini adalah pada pidato Ketua The Fed Jerome Powell di simposium ekonomi tahunan Fed di Jackson Hole, Wyoming, pada 27 Agustus dan apakah Powell memberikan garis waktu pada penarikan stimulus tersebut.

Sementara itu sentimen positif datang dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS yang memberikan persetujuan penuh bagi vaksin Pfizer-BionTech, dimana dengan persetujuan penuh ini memberikan harapan semakin banyak lagi orang menggunakan vaksin dan memerangi penyebaran varian delta, memunculkan harapan pemulihan ekonomi AS.

Bagaimanakah pengaruh pernyataan ketua The Fed pada simposium Jackson Hole dan persetujuan penuh vaksin Pfizer-BionTech bagi perekonomian global?

Dari pasar Forex, Dolar AS bergerak naik terhadap mata uang saingannya menantikan pernyataan ketua The Fed di simposium Jackson Hole tanggal 27 Agustus ini. Kenaikan imbal hasil Treasury AS setelah FDA AS memberikan persetujuan penuh bagi vaksin Pfizer-BionTech, memberikan dukungan bagi kenaikan dolar AS.

Dari pasar Index, bursa saham AS naik setelah persetujuan penuh vaksin Pfizer-BionTech, memberikan harapan pemulihan ekonomi. Bursa Asia dan Eropa juga sebagian besar positif mengikuti bursa Wall Street, sambil tetap berhati-hati menantikan pernyataan ketua The Fed pada simposium Jackson Hole.

Dari pasar Komoditas, harga emas turun pada hari Rabu karena dolar AS bergerak lebih tinggi, dengan investor menunggu pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell minggu ini untuk kemungkinan panduan tentang pengurangan stimulus saat pandemi ini. Sedangkan harga minyak mentah turun akibat profit taking setelah rally kuat minggu ini terdorong hilangnya seperempat produksi Meksiko setelah kebakanarn di anjungan minyak lepas pantai Meksiko dan persetujuan penuh vaksin Pfizer-BionTech. Namun jika rilis pasokan minyak mentah mingguan AS oleh EIA terealisir turun akan menguatkan harga minyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here