IPO Hari Ini: PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) Mengalami Oversubscribed Sebanyak 21 Kali Saat IPO

2385

(Vibiznews – IDX) PT Global Sukses Solusi Tbk perusahaan yang bergerak di bidang Informasi dan Teknologi melakukan listing perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia hari Rabu (08/09/2021) dengan kode saham RUNS. Perseroan ini menjadi perusahaan tercatat ke 33 di tahun 2021 yang mencatatkan sahamnya di BEI.

Harga perdana saham RUNS saat perdagangan dibuka langsung  melonjak ke posisi Rp 278 atau mengalami kenaikan 9,4% dari harga penawaran saham awal Rp 254. Perseroan menawarkan kepada masyarakat sebanyak 196.800.000 lembar saham baru dengan nilai nominal Rp 254 per sahamnya. Ternyata diperoleh respon positif dari investor hingga terjadi kelebihan permintaan atau oversubscribed sebanyak 21 kali dari pooling atau 9 kali dari total emisi saham perseroan.

Direktur Utama PT Global Sukses Solusi Tbk, Sony Rachmadi Purnomo, mengatakan dana yang diperoleh dari IPO ini sebesar Rp 49.987.200.000. Dana hasil IPO akan digunakan untuk Sekitar 74% akan digunakan sebagai modal kerja diantaranya yaitu untuk pembiayaan proyek baru, biaya overhead dan operasional. Pembiayaan proyek baru tersebut adalah pengadaan- pengadaan ERP dan pekerjaan pekerjaan managed service ERP pada pelanggan pelanggan Perseroan. Sekitar 11% akan digunakan untuk market acquisition and expansion. Sekitar 10% (sepuluh persen) akan digunakan untuk riset dan pengembangan. Sekitar 5% (lima persen) akan digunakan untuk belanja modal Perseroan yang meliputi alat kerja dan prasarana diantaranya adalah komputer, server, router server, switchhub manageable, server rak 20U, firewall Fortinet, dan kendaraan operasional.

Mengenal bisnis perseroan, PT Global Sukses Solusi Tbk merupakan perusahaan IT yang sedang berkembang dengan kinerja yang terus bertumbuh. Perusahaan yang berdiri di Yogyakarta pada tahun 2014 tersebut mengawali bisnisnya lewat keikutsertaannya dalam Program Indigo Startup Incubator yang diselenggarakan oleh Telkom. Dalam tiga tahun kemudian, tepatnya pada 2017, Perseroan untuk pertama kalinya menerapkan Run System di perusahaan BUMN. Produk Perseroan pun terus berkembang dengan tambahan produk iKas dan Run iProbe (HR Cloud Platform).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here