Rekomendasi Minyak 23 September 2021: Naik karena Laporan EIA & Turunnya USD

426

(Vibiznews – Commodity) Minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex naik ke $71.83 pada hari Rabu.

Energy Information Administration (EIA) melaporkan laporan mingguan inventori minyak mentah komersial di Amerika Serikat turun sebanyak 3,5 juta barel pada minggu yang berakhir tanggal 17 September 2021. Sementara konsensus pasar memperkirakan penurunan sebanyak 3,3 juta barel. Penurunan yang terjadi lebih besar daripada yang diperkirakan yang berarti berkurangnya supply minyak mentah AS dan pada gilirannya menaikkan harga minyak mentah WTI.

Kenaikan harga minyak mentah WTI juga disebabkan oleh karena turunnya dollar AS. Evergrande, perusahaan real estate Cina yang terbelit hutang yang besar, mengumumkan  akan membayar hutangnya pada hari Kamis, bersamaan dengan injeksi likuiditas dari otoritas Cina di Beijing. Hal ini membuat pasar menjadi stabil dan mengurangi permintaan akan dollar AS yang safe-haven.

“Support” terdekat menunggu di $71.74 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $71.56 dan kemudian $70.06. “Resistance” yang terdekat menunggu di $72.01 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $72.10 dan kemudian $72.28.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here