Rekomendasi Minyak 1 April 2022: Berbalik Turun karena Dilepaskannya Cadangan Minyak Strategis AS

534

(Vibiznews – Commodity) Setelah naik pada hari Rabu ke $107.21, harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex berbalik turun pada hari Rabu. Harga minyak WTI turun menembus $100.00, ke sekitar $99.27 per barel karena dilepaskannya cadangan minyak strategis AS.

Pada hari Kamis, Presiden AS Joe Biden mengumumkan akan dilepaskannya 1 juta barel minyak mentah per hari selama 6 bulan dari Strategic Petroleum Reserve (SPR) AS dimulai dari sejak bulan Mei. Selain itu, pemerintah AS juga memaksa perusahaan-perusahaan penyulingan AS untuk menggali kapasitas mereka yang selama ini tidak dipergunakan dan memompa lebih banyak minyak mentah untuk membawa stabilitas pada pasar minyak mentah.

Menambah tekanan turun adalah naiknya indeks dollar AS dengan  munculnya berita terbaru mengenai konflik Rusia – Ukraina menunjukkan bahwa ke dua belah pihak tidaklah sedekat di dalam menemukan solusi diplomatik seperti yang dikomentarkan oleh para pejabat yang berunding pada hari Selasa.

“Support” terdekat menunggu di $99.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $95.41 dan kemudian $93.86.  “Resistance” yang terdekat menunggu di $100.42 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $108.26 dan kemudian $112.12.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Reseach Vibiz Consulting

Editor: Asido