Imbal Hasil Treasury AS Melemah di Akhir Pekan

333

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil Treasury AS ditarik kembali pada hari Jumat karena minggu yang bergejolak, yang melihat bank sentral di seluruh dunia mengisyaratkan upaya yang lebih agresif untuk mengurangi inflasi yang melonjak hampir berakhir.

Imbal hasil pada obligasi Treasury 10-tahun turun 8 basis poin lebih rendah menjadi 3,226%, sedangkan imbal hasil pada obligasi Treasury 30-tahun juga turun lebih dari 7 basis poin menjadi 3,286%. Hasil bergerak berbanding terbalik dengan harga. Imbal hasil 2 tahun, yang biasanya lebih sensitif terhadap perubahan kebijakan moneter, datar di 3,157%.

S&P 500 berada di jalur untuk kerugian mingguan yang tajam karena investor melarikan diri dari aset berisiko di tengah kekhawatiran bahwa pengetatan kebijakan moneter yang lebih ketat dapat mengarahkan ekonomi AS ke dalam resesi. Beberapa investor menjual saham dan beralih ke obligasi pada hari Kamis, menaikkan harga Treasury dan mengurangi hasil.

Federal Reserve pada hari Rabu meningkatkan suku bunga acuan dana sebesar 75 basis poin, kenaikan terbesar sejak 1994, dengan inflasi tahunan AS berjalan pada level tertinggi 40 tahun sebesar 8,6% pada bulan Mei.

Anggota Komite Pasar Terbuka Federal menegaskan kembali komitmen Fed untuk menstabilkan inflasi dan menunjukkan bahwa jalur kenaikan suku bunga yang lebih kuat ada di depan. Para pejabat juga memangkas prospek pertumbuhan ekonomi 2022 mereka menjadi hanya 1,7% dari 2,8%.

Swiss National Bank kemudian mengejutkan pasar dengan kenaikan suku bunga pertama selama 15 tahun pada hari Kamis, sementara Bank of England menerapkan kenaikan kelima berturut-turut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, imbal hasil Treasury AS akan mencermati perkembangan kenaikan suku bunga AS dan pidato ketua Fed Jerome Powell yang dapat mengindikasikan pergerakan ekonomi AS lebih lanjut.