Harga Emas Naik Tipis Seiring Data Inflasi AS Lebih Rendah Dari Perkiraan

383
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik tipis dalam perdagangan berombak pada hari Rabu setelah pembacaan inflasi AS yang mereda mendorong perkiraan bahwa Federal Reserve mungkin tidak memilih kenaikan suku bunga yang agresif.

Emas Spot naik 0,26% menjadi $1.798,79 per ons tetapi memberikan beberapa keuntungan setelah naik ke level tertinggi sejak 5 Juli setelah data CPI.

Emas berjangka AS naik tipis 0,15% menjadi $1.815,1 per ons.

Harga konsumen AS tidak naik pada bulan Juli, karena penurunan tajam dalam biaya bensin. Indeks Harga Konsumen (IHK) tidak berubah bulan lalu setelah naik 1,3% pada bulan Juni.

Emas yang tidak memberikan imbal hasil cenderung baik di lingkungan suku bunga rendah.

Juga membantu emas, indeks dolar turun lebih dari 1%, memperkuat daya tariknya di antara pembeli luar negeri. Imbal hasil Treasury AS juga jatuh setelah data tersebut.

Ini juga memangkas perkiraan harga peraknya.

Perak Spot naik 1,16% menjadi $20,74 per ons, sementara platinum naik 1,1% menjadi $943,9.

Palladium naik 1,63% menjadi $2,251,48

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya harga emas berpotensi naik seiring meredanya inflasi AS memicu sentimen The Fed tidak agresif dalam menaikkan suku bunga. Namun perlu dicermati pergerakan dolar AS, yang jika juga melemah, akan menaikkan harga emas dan sebaliknya.