Dolar AS Mundur Dari Tertinggi 2 Dekade Terhadap Euro

599
dolar AS

(Vibiznews – Forex) Dolar AS mundur dari level tertinggi baru dua dekade terhadap euro pada hari Selasa setelah sebuah laporan menunjukkan aktivitas sektor swasta AS berkontraksi untuk bulan kedua berturut-turut pada Agustus, meningkatkan prospek Federal Reserve akan mengurangi siklus kenaikan suku bunganya.

Indeks manajer pembelian komposit (PMI) S&P Global untuk Agustus turun menjadi 45 bulan ini, terendah sejak Februari 2021, karena permintaan untuk layanan dan manufaktur melemah dalam menghadapi inflasi dan kondisi keuangan yang lebih ketat. Angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi dalam aktivitas.

Penurunan permintaan adalah persis apa yang Fed telah coba capai dengan kenaikan suku bunga yang paling keras sejak tahun 1980-an. The Fed telah menaikkan suku dari mendekati nol pada bulan Maret ke kisaran mereka saat ini dari 2,25% menjadi 2,50%, dengan lebih diharapkan di bulan-bulan mendatang, karena mencoba untuk menjinakkan inflasi, yang mendekati level tertinggi 40 tahun.

Terhadap sekeranjang enam mata uang utama, indeks dolar turun 0,57% menjadi 108,43, setelah sebelumnya menyentuh level tertinggi sejak pertengahan Juli.

Euro naik 0,35% terhadap greenback di $0,9977, setelah mencapai level terendah baru dua dekade di $0,9905 di awal sesi di tengah kekhawatiran baru bahwa kejutan energi akan menjaga inflasi tetap tinggi, membuat resesi di Eropa menjadi pasti.

Data menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di Eropa berkontraksi lebih rendah dari perkiraan pada Agustus, meskipun prospeknya masih suram.

Harga gas grosir Inggris dan Belanda naik tajam pada hari Senin karena prospek pemeliharaan pipa utama Rusia ke Eropa membuat pasar gelisah.

Rusia akan menghentikan pasokan gas alam ke Eropa melalui pipa Nord Stream 1 selama tiga hari pada akhir bulan, pengingat terbaru dari keadaan genting pasokan energi benua.

Gelombang panas di benua itu telah membebani pasokan energi dan kekhawatiran meningkat bahwa gangguan apa pun selama bulan-bulan musim dingin dapat merusak aktivitas bisnis.

Itu semua merugikan euro, yang turun lebih dari 12% sepanjang tahun ini, dan telah merosot hampir 3% pada bulan Agustus.

Sterling pulih beberapa kekuatan setelah data PMI dan naik 0,69% terhadap greenback, setelah menyentuh $ 1,1718 pada hari sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks dolar AS akan mencermati sentimen kenaikan suku bunga AS dan data ekonomi AS. Untuk berikutnya data ekonomi yang dicermati adalah Durable Goods Orders bulan Juli yang diindikasikan menurun.