UPDATE Rekomendasi Minyak 30 September 2022: Berbalik Turun karena Kekuatiran Resesi

276
minyak wti

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada jam perdagangan sesi AS hari Jumat berbalik turun, diperdagangkan di sekitar $80.20 per barel.

Harga minyak mentah WTI tertekan turun dari ketinggian di $82.50 yang dicapai pada hari Kamis. Diantara katalisator kunci yang menyebabkan turun-naiknya harga minyak mentah WTI adalah kekuatiran akan resesi dan ketakutan akan ketatnya supply serta menguatnya kembali dollar AS.

Pasar secara umum mengalami keengganan terhadap resiko yang tinggi di tengah goyahnya pasar keuangan, obligasi dan saham yang menimbulkan arus safe – haven masuk dan kembali mendorong naik dollar AS.

Kekuatiran akan resesi global diperbesar dengan mayoritas bank sentral utama dunia tetap agresif dalam menaikkan tingkat suku bunganya meskipun belakangan ini ekonomi dunia terpukul dan supply minyak mentah menjadi genting.

Ditambah lagi dengan adanya percakapan mengenai ketidak sanggupan Cina untuk mengatasi kekacauan resesi dan ketakutan Inggris akan mengalami lebih banyak kesakitan yang disebabkan oleh kebijakan fiskal yang terbarunya yang kelihatannya negatip bagi harga energi.

Support & Resistance

Support” terdekat menunggu di $79.92 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $79.56 dan kemudian $78.87. “Resistance” yang terdekat menunggu di $82.44 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $82.99 dan kemudian $83.33.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.