Indeks Nikkei Akhir Pekan Ditutup Melonjak 3,25 Persen Mengikuti Penguatan Bursa Wall Street

562
nikkei
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Jepang berakhir naik tajam pada hari Jumat, menyusul kenaikan kuat di Wall Street di mana saham melakukan perubahan cepat dari penjualan yang didorong oleh data inflasi AS yang mengalahkan perkiraan.

Indeks Nikkei 225 ditutup naik 3,25 persen, atau 853,34 poin, menjadi 27.090,76, sedangkan indeks Topix yang lebih luas naik 2,35 persen, atau 43,58 poin, menjadi 1.898,19.

Di AS, data inflasi menunjukkan harga konsumen meningkat lebih dari yang diperkirakan pada bulan September, dengan CPI naik 0,4% dari Agustus, dan 8,2% dari September tahun lalu. Inflasi inti meningkat lebih cepat di bulan September.

Saham memiliki sesi yang bergejolak tetapi akhirnya rebound untuk ditutup lebih tinggi, dengan masing-masing indeks utama naik lebih dari 2%. Dow Jones Industrial Average melonjak 1.500 poin dari posisi terendah ke level tertinggi pada hari Kamis di AS.

Investor ekuitas tampaknya memutuskan bahwa inflasi AS yang lebih kuat hari ini masih tidak meniadakan ekspektasi penurunan tajam harga di masa depan. Reli diperkirakan merupakan hasil dari short-covering.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa saham Jepang akan mencermati hasil penutupan bursa Wall Street yang jika positif akan mendukung bursa saham Jepang.