Dolar AS Turun Menjelang Keputusan Suku Bunga The Fed; Euro dan Poundsterling Naik 6 Bulan Tertinggi

470
dolar kuat

(Vibiznews – Forex) Dolar AS melayang di dekat level terendah sejak Juni terhadap euro dan pound pada hari Rabu, menantikan keputusan suku bunga Federal Reserve, sehari setelah data inflasi konsumen AS yang lebih rendah yang tampaknya memungkinkan untuk memperlambat laju pengetatannya.

Indeks dolar AS hampir datar, setelah jatuh pada Selasa ke level terlemahnya sejak 16 Juni, setelah laporan Indeks Harga Konsumen AS November menunjukkan kenaikan yang lebih kecil dari perkiraan untuk bulan kedua berturut-turut, dan harga konsumen yang mendasari naik sedikitnya.

Laporan inflasi yang mengejutkan mungkin menandakan kenaikan suku bunga Fed yang lebih kecil di masa depan — jika tren berlanjut

The Fed, setelah menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin pada empat pertemuan berturut-turut, secara luas diperkirakan akan memberikan kenaikan 50 basis poin ketika pertemuan kebijakan dua hari berakhir pada pukul 2 siang. ET.

Pedagang kemudian akan mengalihkan fokus mereka ke pertemuan Bank of England dan Bank Sentral Eropa hari Kamis, di mana konsensus juga untuk kenaikan suku bunga 50 basis poin. Bank Nasional Swiss juga bertemu Kamis.

Euro naik 0,18% terhadap dolar menjadi $1,0649, tidak jauh dari tertinggi intraday enam bulan di $1,0673 yang disentuh di sesi sebelumnya setelah angka inflasi AS.

Pound, yang juga mencapai tertinggi enam bulan setelah data AS, naik 0,34% pada $1,23896 setelah penurunan singkat ketika data inflasi Inggris juga menunjukkan penurunan yang lebih tajam dari perkiraan.

Tetapi inflasi tahun-ke-tahun sebesar 10,7%, dibandingkan dengan prediksi 10,9%, tetap sangat tinggi bagi konsumen Inggris.

Dengan Fed hampir pasti akan melakukan pemotongan 50 basis poin yang lebih kecil hari ini, di tengah prediksi bahwa mereka mungkin memangkas hanya 25 basis poin pada bulan Februari, fokus utama pertemuan hari Rabu adalah “plot titik” triwulanan Fed, yang menunjukkan di mana para pembuat kebijakan memperkirakan tarif pada akhir setiap tahun, dan sambutan oleh ketua Jerome Powell.

Peningkatan “titik” median untuk level pada akhir tahun 2023 dari proyeksi 4,625% pada akhir September diperkirakan secara luas, tetapi pertanyaan kuncinya adalah seberapa besar kenaikannya.

Indeks dolar telah jatuh 9% sejak mencapai level tertinggi 20 tahun pada bulan September karena ekspektasi suku bunga AS yang tinggi dan meningkat, yang memicu kenaikan dolar, mulai mereda.

Dolar melemah 0,52% terhadap yen di 134,87.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, mata uang dolar AS akan merespon hasil keputusan suku bunga AS yang jika teralisir The Fed menaikkan suku bunga 50 basis poin akan dapat menekan dolar AS.