Bursa Eropa Awal Pekan Dibuka Kuat Sambut Pengumuman Komisi Eropa

306
bursa eropa

(Vibiznews – Indeks) – Indeks bursa saham di Eropa membuka perdagangan awal  pekan hari Senin (13/2/2023) rebound kuat setelah Komisi Eropa tinggikan proyeksi PDB 2023.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa menguat 0,43% meninggalkan  posisi terendah sepekan dan bergerak bullish sejak awal sesi.

Indeks bursa Jerman DAX 40 Jerman menguat  0,28%, indeks FTSE 100 Inggris naik 0,35%, indeks  FR40 Perancis  naik 0,67% dan indeks IT40 Italia naik 0,45%.

Komisi Eropa menaikkan prospek ekonominya untuk Uni Eropa dan Kawasan Euro, dengan mengatakan bahwa blok-blok tersebut akan menghindari resesi yang telah diperkirakan.

Lihat: Komisi Eropa Tinggikan Proyeksi PDB Kawasan Euro Tahun 2023

Selain itu saham pertahanan mendapat dorongan setelah India ingin meningkatkan ekspor pertahanan tahunannya menjadi $5 miliar pada 2024-25 dari $1,5 miliar.

Namun kekhawatiran atas kenaikan suku bunga dan inflasi menjelang laporan IHK AS yang sangat dinanti-nantikan besok menahan sentimen.

Di bursa Perancisi , saham Thales berkinerja terbaik, naik hampir 3% dan saham Airbus naik 1,2% setelah Air India memesan sekitar 250 pesawat dari pembuat pesawat Eropa.

Kekuatan di bursa Inggris menyambut berita yang menunjukkan bahwa pemberi kerja Inggris akan menaikkan gaji staf mereka paling banyak dalam setidaknya 11 tahun.

laju saham di bursa Italia juga dipengaruhi pemilihan umum di sekitar Roma dan Milan dalam ujian pemilihan pertama bagi pemerintah sayap kanan Giorgia Meloni.

Kandidat yang didukung oleh koalisi Meloni diharapkan menang di wilayah Lombardia utara sekitar Milan serta di wilayah Lazio tengah di sekitar ibu kota Italia.