Dolar AS Stabil Awal Pekan; Yen Tergelincir Dari Puncak 7 Minggu

366
dolar AS

(Vibiznews – Forex) Dolar AS stabil pada hari Senin, sementara yen tergelincir dari puncak tujuh minggunya, karena investor menilai langkah yang dibuat oleh otoritas dan regulator untuk mengendalikan kekhawatiran atas sistem perbankan global.

Indeks dolar AS, yang mengukur mata uang terhadap enam saingan, turun 0,19% pada 102,91, setelah naik 0,5% pada hari Jumat di tengah kekhawatiran di sektor perbankan Eropa.

Saham perbankan global telah terpukul bulan ini menyusul keruntuhan tiba-tiba dua pemberi pinjaman AS dan penyelamatan Credit Suisse, dengan pihak berwenang turun tangan untuk meredakan ketegangan investor.

Pada hari Senin, Federal Deposit Insurance Corporation mengatakan First Citizens BancShares Inc akan mengakuisisi semua deposito dan pinjaman Silicon Valley Bank dari regulator.

Ini membantu meredakan beberapa kekhawatiran penularan di Eropa dengan indeks saham perbankan Eropa naik 1,5%, dipimpin oleh Deutsche Bank yang melonjak 4,3% setelah penurunan 8,5% pada hari Jumat.

Investor yang menghindari risiko telah mengirim yen ke level tertinggi tujuh minggu di 129,65 per dolar pada hari Jumat dan mata uang tersebut berada di jalur yang tepat untuk mencapai kenaikan hampir 4% di bulan Maret. Itu terakhir di 131,44 per dolar.

Federal Reserve AS pada hari Rabu menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin, seperti yang diharapkan, tetapi mengambil sikap hati-hati terhadap prospek karena gejolak sektor perbankan. Namun, Ketua Fed Jerome Powell tetap membuka pintu untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut jika perlu.

Pasar menghargai sekitar 55% peluang Fed mempertahankan suku bunga pada pertemuan berikutnya di bulan Mei dan mengantisipasi penurunan suku bunga pada awal Juli.

Sementara itu, pasar masih menghargai pengetatan lebih dari 40 basis poin dari Bank Sentral Eropa pada musim panas, dan tidak ada penurunan suku bunga pada akhir tahun.

Data pada hari Senin menunjukkan semangat bisnis Jerman secara tak terduga meningkat pada bulan Maret meskipun terjadi gejolak di sektor perbankan.

Euro naik 039% menjadi $1,07912, setelah jatuh 0,6% pada hari Jumat, dengan data inflasi utama yang dirilis pada akhir minggu.

Poundsterling berada di $1,2282, naik 0,41% hari ini, setelah turun 0,5% pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks dolar AS akan mencermati data ekonomi yang jika membaik, akan dapat menguatkan dolar AS dan sebaliknya.