Rekomendasi Minyak 3 Mei 2023: Melanjutkan Penurunan ke Arah $72.00

395

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex pada awal jam perdagangan sesi AS, hari Selasa, melanjutkan penurunannya dan diperdagangkan di sekitar $72.20 per barel.

Harga minyak mentah WTI tertekan turun di tengah menguatnya dollar AS dan data ekonomi Cina yang mengecewakan.

Indeks dollar AS pada hari Senin sempat naik dan mencapai ketinggian 1 ½ minggu yang berakibat tertekannya harga – harga komoditi termasuk minyak mentah sementara data dari AS dan Cina telah menjadi fokus pada saat memulai minggu perdagangan yang baru.

Dollar AS mendapatkan dorongan naik dengan para investor menggali berita – berita bahwa JP Morgan Chase mengambil alih First Republic Bank.

Indeks dollar AS naik memperbaharui ketinggiannya di dekat 101.800 selama tiga hari tren naik dengan para pemain di pasar menyambut gembira menguatnya data AS belakangan ini sementara itu juga bergegas membeli dollar AS karena ketakutan yang muncul dari kasus kebangkutan Firt Republic Bank.

Pemerintah AS, the Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC), pada akhir minggu lalu mengambil alih First Republic Bank yang dalam problem dan kemudian menjualnya ke JP Morgan. Bangkrutnya First Republic Bank adalah kegagalan bank AS terbesar kedua yang terjadi setelah ambruknya Washington Mutual pada tahun 2008. Berita ini sendiri tidak menjadi goncangan yang besar bagi pasar karena pada minggu lalu laporan penghasilan dari First Republic Bank buruk dan harga sahamnya jatuh baru-baru ini.

Keprihatinan telah memukul harga minyak mentah dengan berita dari Cina mengatakan bahwa aktifitas manufaktur dan non-manufaktur Cina pada bulan April melambat lebih daripada yang diperkirakan.

PMI manufaktur Cina bulan April turun – 2.7 ke kerendahan selama 4 bulan di 49.2, lebih lemah daripada yang diperkirakan di 51.4. Selain itu, PMI non-manufaktur bulan April turun – 1.8 ke 56.4, lebih lemah daripada yang diperkirakan di 57.0.

Support & Resistance

 

Support” terdekat menunggu di $72.07 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $71.82 dan kemudian $71.29. “Resistance” yang terdekat menunggu di $72.59 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $72.87 dan kemudian $73.39.