Harga Kopi, Gula, Kakao Turun Tutup Kamis

383
kopi, gula, kakao

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan pasar untuk  Kopi, Gula dan Kakao pada hari Kamis 22 Juni  2023 .   Harga  kopi, gula dan Kakao turun.  

Harga kopi Arabika turun cuaca membaik . Harga kopi Robusta   turun.   Harga gula turun cuaca membaik.    Harga kakao turun cuaca kering 

Inilah penutupan pasar pada hari Kamis : 

Kopi 

Harga kopi Arabika September di ICE New York turun $2 (1.16%) menjadi $170.25 Harga kopi Robusta September naik 1.20%. 

Harga kopi pada penutupan pasar hari Kamis melanjutkan penurunan pada hari Selasa dan Rabu. Harga kopi Arabika turun ke 2 ¾ bulan pada hari Rabu.  

Harga kopi turun karena cuaca yang membaik di Brazil menurunnya cuaca dingin sehingga membuat petani dapat melakukan panen. Hujan deras yang turun minggu lalu membuat panen tertunda. Perkiraan cuaca kering pada minggu ini dan minggu depan.  

Gula 

Harga gula Oktober di ICE New York turun 88 sen (3.40%) menjadi $24.97. Harga gula Oktober di ICE London turun 2.79%. 

Harga gula pada hari Kamis turun karena cuaca di Brazil, suhu meningkat sehingga kerusakan akibat pembekuan berkurang. Permintaan gula Cina turun, China’s Customs General Administration melaporkan impor Cina turun 87% dari tahun lalu menjadi 40,000 MT. 

 Kakao 

Harga kakao September di ICE New York turun $27 (0.83%) menjadi $3,210 per ton. Harga kakao September di ICE London turun 0.23%. 

Harga kakao pada penutupan pasar hari Kamis turun karena cuaca kering di Ivory Coast membuat truk pengiriman kakao dari petani ke pelabuhan dapat berjalan, setelah sebelumnya hujan deras membuat jalan-jalan tidak bisa dilalui.  

Panen pertengahan tahun di Afrika Barat sedang berlangsung. Indeks dolar menguat 0.30%. 

 

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting 

https://www.vibiznews.com/2023/06/19/review-minggu-iii-juni-harga-kopi-gula-kakao/