Pelemahan Kospi Bertambah oleh Anjloknya Prospek Laba Samsung Electronics

365
kospi samsung

(Vibiznews – Indeks) – Perdagangan bursa saham Korea Selatan hari Jumat (7/7) ditutup melemah sekaligus mencetak kerugian mingguan untuk 4 pekan berturut.

Indeks Kospi ditutup anjlok ke posisi terendah dalam 7 pekan lebih dengan pelemahan 4 hari berturut pekan ini.

Sentimen pasar masih dibebani kekhawatiran berlanjutnya pengetatan kebijakan Fed pasca rilis data ADP AS semalam yang melemahkan bursa Wall Street.

Selain itu tekanan Kospi bertambah setelah Samsung Electronics umumkan proyeksi pendapatannya akan anjlok pada kuartal kedua.

Samsung Electronics perkirakan laba kuartal keduanya kemungkinan anjlok sekitar 96% dari tahun sebelumnya karena kelebihan pasokan chip dan permintaan yang lambat. Ini akan menjadi  laba kuartalan terburuk dalam 14 tahun sejak kuartal pertama 2009.

Indeks Kospi ditutup turun  1,16%  berakhir pada 2.526,71 dengan indeks Kospi 200 berjangka ditutup turun 1,38% ke posisi 331.58.

Sebagian besar saham berkapitalisasi besar  berakhir di medan negatif yang dipimpin oleh saham Saham Electronics dengan anjlok 2,37%.

Selain itu juga saham pembuat chip nomor dua SK hynix turun 1,76% dan produsen bahan kimia terkemuka LG Chem turun 1,2%.

Saham otomotif juga melemah seperti  Hyundai Motor merosot 1,21% dan saham Kia anjlok 1,24%.

Bio saham juga anjlok cukup parah seperti saham Samsung Biologics turun 4,01% dan Celltrion turun 2,62%.