Rekomendasi Emas 18 Oktober 2023: Mendapatkan Kembali Daya Tariknya

234
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas pada jam perdagangan sesi AS hari Selasa berhasil memperoleh kembali daya tariknya, naik ke atas $1,920 setelah sebelumnya sempat turun ke bawah $1,920.

Pada jam perdagangan sesi Eropa hari Rabu siang, harga emas masih mempertahankan pijakannya di teritori positip dan bahkan naik lebih lanjut ke atas $1,930 di sekitar $1,939 per troy ons.

Melemahnya dolar AS menopang kenaikan harga emas. Indeks dolar AS turun 0.12% ke bawah 106.00 di sekitar 105.907, menjelang pidato dari ketua Federal Reserve AS Jerome Powell.

Dolar AS melemah karena ketidakpastian mengenai jalur kenaikan tingkat bunga dari Federal Reserve AS yang ikut menjadi penopang harga minyak mentah. Pernyataan – pernyataan yang dovish dari beberapa pejabat the Fed belakangan ini menunjukkan bahwa bank sentral AS akan mempertahankan tingkat bunga tidak berubah untuk kedua kalinya pada bulan November.

Melemahnya dolar AS juga disebabkan karena keluarnya data – data makro ekonomi AS yang bagus yang membuat sentimen pasar menjadi positip. Wall Street mengabaikan nada yang negatip dari rekannya di Eropa dan memperpanjang rally hari Senin ditengah bagusnya laporan – laporan penghasilan Perusahaan AS. Meskipun demikian, penurunan indeks dolar AS dibatasi oleh naiknya yields obligasi pemerintah AS dengan yields obligasi treasury benchmark 10 tahun naik 9 bps ke 4.80%.

AS mempublikasikan angka penjualan ritel bulan September yang naik 0.7%, jauh lebih baik daripada yang diperkirakan oleh pasar keuangan di 0.3%. Selain itu, Capacity Utilization membaik ke 79.7% pada bulan September, sementara Industrial Production naik 0.3% lebih tinggi daripada yang diperkirakan.

Sementara itu, berita – berita bahwa inflasi global mulai menurun mendukung perbaikan sentimen pasar. Selandia Baru melaporkan bahwa Consumer Price Index (CPI) kuartal ke tiga muncul di 5.6%, turun dari kuartal ke dua di 6% dan juga masih di bawah daripada yang diperkirakan di 5.9%. Selain itu, Kanada memberitahukan bahwa angka CPI nya turun 0.1% MoM pada bulan September dan menyentuh 3.8% YoY, lebih rendah daripada angka sebelumnya di 4%.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $1,915 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,904 dan kemudian $1,895.

“Resistance” terdekat menunggu di $1,945 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,955 dan kemudian $1,961.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.