Harga Kakao Senin Ditutup Menguat Terdukung Pengetatan Pasokan Pantai Gading

302
kakao, cocoa

(Vibiznews – Commodity) Harga kakao di bursa komoditi berjangka New York pada hari Senin ditutup menguat terpicu pnegetatan pasokan di Pantai Gading.

Harga kakao kontrak bulan Maret 2024 ditutup naik 0,64% pada 4.271.

Pasokan kakao yang ketat dari Pantai Gading, produsen kakao terbesar di dunia, mendukung harga setelah data pemerintah Pantai Gading pada hari Senin menunjukkan bahwa petani Pantai Gading mengirimkan 671,544 MT kakao ke pelabuhan dari 1 Oktober-17 Desember, turun -33% dari periode yang sama. waktu tahun lalu.

Prospek terbatasnya pasokan kakao menjadi faktor penentu harga. Pada tanggal 1 Desember, regulator Pantai Gading menghentikan penjualan ke depan untuk pertengahan musim tanam Pantai Gading 2023-24, yang dimulai pada tanggal 1 April 2024, sehingga perkiraan produksi nasional dapat ditinjau kembali. Penghentian ini menambah kekacauan pasokan kakao di wilayah tersebut, dan dampaknya bisa berlipat ganda jika penghentian ini diperpanjang hingga musim berikutnya.

Selain itu, sisi bullishnya adalah persediaan kakao yang disimpan di pelabuhan AS yang dipantau oleh ICE terus menurun sejak bulan Juni dan mencatat level terendah dalam 2,5 tahun pada hari Senin.

Hal positif lainnya untuk kakao adalah proyeksi dari Rabobank pada tanggal 6 Desember mengenai defisit kakao global pada tahun 2023/24 sebesar -160.000 MT karena penurunan produksi di Pantai Gading dan Ghana.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kakao dapat meningkat dengan pasokan di Pantai Gading yang terus menurun. Harga kakao diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 4.305-4.339. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support 4.239-4.207.