Rekomendasi Minyak 27 Desember 2023: Naik karena Kondisi Keamanan Memburuk Jelang 2024.

242
harga minyak mentah

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, pada jam perdagangan sesi AS hari Selasa naik kembali ke sekitar $76.04 per barel, karena terus berlangsungnya ketegangan di Laut Merah.

Ketegangan di Laut Merah sebagai akibat dari perang antara Israel dengan Hamas ternyata tidak dapat dibatasi. Tanda – tanda memperlihatkan dampak dari perang Israel dengan Hamas yang berkelanjutan akan bisa menyebar dan mempengaruhi ekonomi global.

Hal ini sudah ditekankan oleh para ketua bank sentral dari Federal Reserve AS, Bank of England sampai European Central Bank. Semua ketua bank sentral telah menyebutkan keprihatinan mereka bahwa semakin lama berlangsungnya perang, maka akan semakin besar kemungkinan terjadinya penyebaran yang akan bisa berdampat terhadap pertumbuhan ekonomi global dan pertumbuhannya.

Hal ini meningkatkan keyakinan bahwa kondisi akan semakin bertambah buruk pada awal tahun 2024.

British Petroleum dan kapal – kapal ekspedisi minyak mentah lainnya telah menghentikan sementara semua transit di Laut Merah. Konsumen sekarang menghadapi prospek akan bertambahnya biaya transportasi dan waktu untuk penyulingan. Semakin lama berlangsungnya perang Israel dengan Hamas, semakin besar disrupsi di sekitar Selat Hormus dengan para sekutu Iran di daerah tersebut terus bertambah berani. Hal ini bisa menjadi faktor kunci yang harus dipertimbangkan pada awal tahun 2024.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $75.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $74.50 dan kemudian $73.18. “Resistance” yang terdekat menunggu di $76.66 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $77.50 dan kemudian $78.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido