Rekomendasi Minyak 3 Januari 2024: Berbalik Turun Setelah Sempat Naik

309

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) di bursa Nymex, pada jam perdagangan sesi AS hari Selasa kembali tertekan turun ke bawah $71.00 di sekitar $70.55 per barel.

Tekanan turun terhadap harga minyak mentah datang dari keprihatinan mengenai melambatnya pertumbuhan ekonomi global dan meningkatnya kekuatiran akan bertambahnya supply minyak mentah, terutama yang berasal dari produsen – produsen diluar dari the Organization of the Petroleum Exporting Countries dan sekutunya (OPEC+).

Grup minyak mentah dunia ini sedang berjuang menghadapi turunnya permintaan ekspor pada tahun 2024, bersamaan dengan turunnya porsi pasar global dari kelompok ini ke level terendah akibat pemotongan produksi dan kepergian Angola dari grup minyak mentah ini. Hal ini menimbulkan keraguan di pasar mengenai kemampuan dari OPEC+ dalam melekatkan diri terhadap penurunan supply di sekitar 6 juta barel per hari.

Sebelumnya pada jam perdagangan sesi Asia hari Selasa pagi, harga minyak mentah WTI diperdagangkan naik ke sekitar $72.80. Kenaikan harga minyak mentah WTI ini disebabkan karena terjadinya pertikaian di Laut Merah. Militan Houthi menyerang kapal kontainer Maersk pada hari Minggu, namun serangan militant Houthi dipatahkan oleh helicopter – helicopter AS.

Setelah kejadian di atas, kemungkinan terjadinya disrupsi supply minyak mentah meningkat, dengan laporan sebuah kapal perang Iran sedang memasuki Laut Merah.  Selain itu, kelompok yang dipimpin oleh Iran melancarkan serangan terhadap pasukan AS dan Israel di Gaza, menaikkan keprihatinan mengenai konflik yang lebih luas yang bisa berpotensi ditutupnya lalulintas air yang vital bagi transportasi minyak mentah, termasuk Laut Merah dan Selat Hormuz di Teluk.

Selain itu menguatnya dolar AS juga menekan turun harga minyak mentah. Indeks dolar AS naik 0.85% ke 101.880 dengan naiknya yields obligasi treasury AS. Yields obligasi treasury benchmark AS naik lebih dari 2% pada hari Selasa dan berada di atas 3.9%.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $70.09 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $69.53 dan kemudian $68.37. “Resistance” yang terdekat menunggu di $71.13 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $73.75 dan kemudian $75.13.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.