Rekomendasi Emas 12 Januari 2024: Turun ke Bawah $2,020 setelah Data CPI AS

645
harga emas

(Vibiznews – Commodity) Harga emas berada di bawah tekanan bearish dan turun ke bawah $2,020 di sekitar $2,017 per troy ons pada awal jam perdagangan sesi AS karena naiknya yields obligasi treasury AS.

Yield obligasi treasury AS benchmark 10 tahun naik kembali ke atas 4% sehingga membebani harga emas setelah keluarnya data inflasi, Consumer Price Index (CPI), AS yang lebih panas daripada yang diperkirakan.

Laporan Consumer Price Index (CPI) AS bulan Desember menunjukkan kenaikan 3.4% YoY dibandingkan dengan yang diperkirakan kenaikan sebesar 3.3% dan lebih tinggi daripada angka bulan November kenaikan sebesar 3.1%. CPI inti naik 3.9% dibandingkan dengan yang diperkirakan naik 3.8% YoY.

Data inflasi CPI yang keluar ini masuk ke dalam kubu kebijaksanaan moneter yang hawkish yang menginginkan agar Federal Reserve AS tetap mempertahankan kebijakan moneternya yang lebih ketat untuk waktu yang lebih lama, sehingga membebani harga emas.

Harga emas pada awalnya mendapatkan pembelian pada hari Kamis dan berhasil mempertahankan daya tariknya selama paruh pertama jam perdagangan sesi Eropa, meskipun tetap berada di bawah zona resistance $2,040 – $2,042.

Sebelum keluarnya data inflasi AS, dolar AS diperdagangkan dalam kecenderungan yang sedikit negatip di tengah ketidakpastian mengenai jalur penurunan tingkat bunga dari Federal Reserve AS. Hal ini bersamaan dengan resiko geopolitik yang berasal dari perang Israel melawan Hamas dan kekuatiran akan lambatnya pemulihan ekonomi di Cina, memberikan dukungan bagi emas yang safe-haven.

Namun setelah keluarnya data inflasi, CPI, AS, dolar AS berbalik positip dengan indeks dolar AS naik 0.20% ke 102.290 sehingga membebani harga emas.

Sementara Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan bahwa Jobless Claims AS mingguan turun 1000 menjadi 202.000 selama minggu yang berakhir pada tanggal 6 Januari, turun dari angka minggu sebelumnya yang direvisi menjadi 203.000. Angka ini lebih rendah daripada yang diperkirakan pasar sebesar 210.000.

Investor menilai ulang ekspektasi mereka mengenai kebijakan moneter pengetatan oleh the Fed ditengah ekonomi AS yang masih tangguh yang mendukung yield obligasi treasury AS dan sebaliknya membebani harga emas.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $2,010 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,000 dan kemudian $1,984.

“Resistance” terdekat menunggu di $2,040 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,060 dan kemudian $2,077.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.