Harga Emas Akhir Pekan Naik Seiring Peningkatan Ketegangan Timur Tengah; Secara Mingguan Naik Tipis

361

(Vibiznews – Commodity) Harga emas mencapai puncaknya dalam satu minggu pada akhir pekan hari Jumat seiring meningkatnya konflik di Timur Tengah yang memicu pembelian aset-aset safe-haven, sementara melemahnya inflasi harga produsen AS meningkatkan spekulasi bahwa Federal Reserve mungkin akan menurunkan suku bunganya lebih cepat.

Harga emas spot berakhir naik 1% menjadi $2,049.10 per ons, setelah naik sebanyak 1,7% di awal sesi.
Harga emas spot secara mingguan naik tipis 0,17% dengan rilis kenaikan inflasi AS Desember, penurunan inflasi produsen AS Desember, memicu sentimen naik turun perkiraan penurunan suku bunga The Fed.

Harga emas berjangka AS ditutup 1,6% lebih tinggi pada $2,051.60.

AS dan Inggris melancarkan serangan udara di seluruh Yaman sebagai pembalasan terhadap pasukan Houthi atas serangan terhadap kapal-kapal Laut Merah.

Peningkatan risiko geopolitik mendorong harga emas naik.

Data indeks harga produsen (PPI) AS menunjukkan hasil negatif, yang juga merupakan katalis signifikan bagi harga emas.

Harga produsen AS secara tidak terduga turun pada bulan Desember di tengah penurunan harga barang-barang seperti bahan bakar diesel dan makanan, yang menunjukkan bahwa inflasi akan terus mereda. Namun, data pada hari Kamis menunjukkan harga konsumen AS naik lebih dari perkiraan pada bulan Desember.

Pedagang melihat kemungkinan 80% penurunan suku bunga pada bulan Maret, menurut alat CME Fedwatch, dibandingkan dengan sekitar 70% peluang yang terlihat sebelum laporan PPI.

Emas yang dianggap sebagai tempat berlindung yang aman (safe haven) cenderung menguat pada saat ketidakpastian, sementara suku bunga yang lebih rendah juga meningkatkan daya tarik aset dengan imbal hasil nol (zero-yield).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga emas akan mencermati ketegangan di Laut Merah yang jika masih terjadi ketegangan, akan meningkatkan permintaan aset safe haven dan menguatkan harga emas. Harga emas spot diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $2,063-$2,078. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support $2,031-$2,014.