Rekomendasi Emas 29 Februari 2024: Bergerak di Atas $2,030 karena Yields AS Turun

467

(Vibiznews – Commodity) Harga emas pada jam perdagangan sesi AS hari Rabu berhasil bertahan di atas $2,030 di sekitar $2,032 per ons, karena turunnya yield obligasi treasury AS setelah sebelumnya pada hari Selasa sempat naik ke atas 4.3%.

Harga emas berhasil bertahan di atas $2,030 sekalipun dolar AS kembali memperoleh daya tariknya karena meningkatnya penerimaan pasar bahwa Federal Reserve AS (the Fed) akan menunggu sampai pertemuan kebijakan bulan Juni sebelum menurunkan tingkat suku bunga kuncinya. Hal ini menjadi badai bagi harga emas.

Narasi dari Federal Reserve AS yang tetap mempertahankan tingkat bunga yang tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama terus mendorong naik indeks dolar AS yang membebani harga emas. Indeks dolar AS naik 0.18% ke 103.950.

Sementara turunnya yield obligasi treasury AS bersamaan dengan terancam ditutupnya aktifitas pelayanan pemerintah AS dan munculnya angka Durable Goods Orders AS yang mengecewakan pada hari Selasa, membatasi kenaikan indeks dolar AS sehingga menopang harga emas.

Para investor sekarang sedang menunggu keluarnya data inflasi yang menjadi alat pengukur inflasi di AS yang dipakai oleh Federal Reserve AS (the Fed), Personal Consumption Expenditures (PCE) Price Index, yang akan keluar pada hari Kamis untuk mendapatkan petunjuk baru mengenai jalur penurunan bunga dari the Fed.

Data dari Personal Consumption Expenditures (PCE) Price Index akan memainkan peranan kunci dalam menggerakkan dolar AS secara jangka pendek yang akan memberikan arah pergerakan harga emas yang baru.

Support & Resistance

“Support” terdekat menunggu di $2,025 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,001 dan kemudian $1,985. “Resistance” terdekat menunggu di $2,042, yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $2,045 dan kemudian $2,065.

Ricky Ferlianto/VBN/Head Research Vibiz Consulting

Editor: Asido.