Indeks Hang Seng Akhir Pekan Flat; Indeks Hang Seng Bulan Juni Merosot, Semester Pertama 2024 Menguat

217
Foto : Vibizmedia

(Vibiznews – Index) Indeks Hang Seng Hong Kong pada akhir pekan hari Jumat ditutup datar dengan keuntungan dari sektor keuangan, properti, dan konsumen mengimbangi kerugian dari sektor teknologi.

Indeks Hang Seng ditutup naik tipis 0,01% di 17.718,61.

Indeks Hang Seng secara mingguan melemah -1,05%.
Indeks Hang Seng untuk bulan Juni merosot -5,86%.

Indeks Hang Seng untuk kuartal ini melonjak 7,1%, kenaikan pertama dalam lima kuartal, didorong oleh spekulasi stimulus baru selama Pleno Ketiga, sebuah pertemuan politik penting di Tiongkok, dari tanggal 15 hingga 18 Juli.

Sedangkan untuk semester pertama tahun 2024, indeks Hang Seng menguat 3,96%.

Pasar bersiap untuk mencermati data inflasi PCE AS untuk bulan Mei hari ini.

Di Tiongkok, angka resmi PMI untuk bulan Juni akan dirilis pada hari Sabtu, dengan kekhawatiran terhadap pemulihan ekonomi yang tidak merata di tengah tantangan internal dan eksternal.

Saham China Unicom dan Citic Ltd. masing-masing naik 3,6% dan 2,2%, sementara saham kelas berat Tencent Hlds. dan Meituan tergelincir 0,5% dan 2,3%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya di awal pekan, indeks Hang Seng akan mencermati data Core PCE Price Index AS bulan Mei, yang jika terealisir turun, akan menguatkan bursa Wall Street dan dapat memberikan dukungan untuk kenaikan indeks Hang Seng.