Harga Emas Selasa Bergerak Naik, Menghentikan Penurunan Empat Kali Berturut-turut

72

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik tipis pada hari Selasa, menghentikan penurunan empat hari berturut-turutnya, terpicu prospek penurunan suku bunga AS bulan September dan menantikan data ekonomi AS yang akan dirilis akhir pekan ini. Sementara itu ketidakpastian kondisi politik AS memicu peningkatan safe haven seperti Emas.

Harga emas di pasar spot naik 0,2% menjadi $2,402.39 per ons.
Harga emas berjangka AS naik 0,4% menjadi $2,403.40.

Menurut mayoritas ekonom dalam jajak pendapat Reuters, The Fed akan memangkas suku bunga dua kali tahun ini. Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Pasar mengantisipasi peluang 96% penurunan suku bunga oleh bank sentral AS pada bulan September, menurut CME FedWatch Tool.

Untuk minggu ini, pasar akan fokus mencermati laporan produk domestik bruto AS untuk kuartal kedua yang dirilis pada hari Kamis dan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi terbaru – ukuran inflasi pilihan The Fed – yang akan dirilis pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga emas akan bergerak naik dengan peningkatan prospek penurunan suku bunga The Fed dan permintaan safe haven dengan ketidakpastian politik AS.