Harga Kopi Arabika Kamis Berakhir Naik Akibat Cuaca Kering Brasil

181

(Vibiznews – Commodity) Harga kopi arabika di bursa komoditi berjangka New York berakhir naik ke level tertinggi dalam 13 tahun terakhir terpicu cuaca buruk di negara-negara penghasil kopi utama yang menghambat produksi kopi global.

Harga kopi arabika berjangka kontrak bulan Desember berakhir naik 1,78% pada $2.7390 per pon.

Menurut pusat pemantauan bencana alam Cemaden, Brasil menghadapi cuaca terkering sejak 1981. Curah hujan di Brasil secara konsisten berada di bawah rata-rata sejak April, merusak pohon kopi selama tahap pembungaan yang sangat penting dan mengurangi prospek panen kopi arabika Brasil tahun 2025/26.

Somar Meteorologia melaporkan pada hari Senin bahwa wilayah Minas Gerais di Brasil menerima 9,8 mm hujan selama seminggu terakhir, atau hanya 62% dari rata-rata historis. Minas Gerais menyumbang sekitar 30% dari panen arabika Brasil.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kopi arabika akan mencermati perkembangan cuaca di Brasil, yang jika berlanjut kering, akan menakan produksi kopi dan menguatkan harga kopi arabika. Harga kopi arabika diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $2.77-$2.79. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support $2.70-$2.65.