Bisnis Sektor Jasa Amerika Terburuk Dalam 3 Bulan

645

Kinerja sektor jasa Amerika Serikat pada bulan September lalu dilaporkan menunjukkan kinerja terburuknya dalam 3 bulan terakhir . Kondisi tersebut berdasarkan data yang dilaporkan lembaga Institute for Supply Management malam ini. Indikator ekonomi yang menunjukkan aktivitas di sektor ini turun lebih dari yang diharapkan.

Data ISM untuk indeks non-manufaktur AS turun menjadi 56,9 pada bulan September dari 59,0 pada bulan Agustus, meskipun data  di atas 50 menunjukkan pertumbuhan di sektor jasa. Sedangkan sebelumnya ekonom telah memperkirakan indeks untuk turun ke 58,0.

Pertumbuhan di sektor jasa melambat untuk bulan kedua berturut-turut ke level terendah sejak bulan Juni sebagai aktivitas bisnis, order baru dan turunnya harga  sementara penciptaan lapangan kerja meningkat.

United States ISM Non Manufacturing PMI

Dari laporan ISM tersebut juga ditunjukkan sub indeks aktivitas kegiatan  menurun menjadi 60,2 persen, yang merupakan 3,7 persen lebih rendah dari pembacaan Agustus 63,9 persen, mencerminkan pertumbuhan untuk bulan 74 berturut-turut pada tingkat yang lebih lambat.

Untuk jumlah pesanan baru, indeks tercatat 56,7 persen,  6,7 persen lebih rendah dari data  63,4 persen pada bulan Agustus. Indeks Ketenagakerjaan meningkat 2,3 persen  menjadi 58,3 persen dari data bulan  Agustus 56 persen dan menunjukkan pertumbuhan untuk 19 bulan berturut-turut. Selain itu 13 industri non-manufaktur melaporkan pertumbuhan pada bulan September. 

 

 

Joel/VBN/VMN/Senior Analyst Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here