Harga Karet Tocom Mengikuti Kenaikan Bursa Jepang

406

Harga karet alami berjangka di akhir perdagangan bursa Tocom Selasa siang ini (10/11) membukukan penguatan yang cukup signifikan. Harga karet alami Tocom berhasil mempertahankan kenaikan seiring dengan peningkatan yang dialami oleh bursa saham Jepang.

Hari ini bursa-bursa saham Asia didominasi pelemahan pada penutupan perdagangan saham, namun di antara bursa utama kawasan Asia, hanya bursa Jepang yang membukukan hasil positif. Penguatan indeks Nikkei didorong sentimen positif oleh data ekonomi yang positif dan melemahnya Yen, sehingga menguatkan saham-saham di bursa Jepang. Indeks Nikkei ditutup naik 0,15%.

Pada perdagangan hari ini harga karet alami berjangka ditutup meningkat dengan signifikan. Harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan April 2016 berakhir dengan membukukan penguatan sebesar 3,7 yen menjadi 158,6 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka di Tocom pada perdagangan selanjutnya akan kembali dipengaruhi oleh pergerakan nilai tukar yen Jepang dan harga minyak mentah. Kedua indikator tersebut merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap pergerakan harga karet alami Tocom.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan mengetes level resistance di 164,00 yen dan 169,00 yen. Jika harga melemah, akan menemui support pada level 154,00 dan 150,00 yen jika harga melanjutkan perjalanannya ke teritori negatif.

 

 

Freddy/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here