Estimasi PDB Q3 AS Naik, Namun Melambat Secara Tahunan

1267

Ekonomi AS tumbuh pada kecepatan yang lebih cepat dari yang diperkirakan pada kuartal ketiga sementara keuntungan perusahaan tergelincir.

Produk domestik bruto, ukuran barang dan jasa yang diproduksi di seluruh perekonomian, naik pada posisi 2,1% tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman pada kuartal ketiga, Departemen Perdagangan mengatakan Selasa (24/11), naik dari estimasi awal pertumbuhan 1,5%, sesuai dengan perkiraan ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal.

Sementara ukuran Corporate Profit QoQ turun 1,1% pada periode Juli-to-September dan turun 4,7% dari tahun sebelumnya, pembacaan tahunan terlemah sejak bulan terakhir resesi.

Sebagian besar penurunan mencerminkan tekanan pada operasional perusahaan-perusahaan AS di luar negeri karena dolar yang lebih kuat dan permintaan global yang lemah. Penurunan tersebut menggarisbawahi tantangan perusahaan-perusahaan AS akan menghadapi suku bunga jangka pendek dan biaya tenaga kerja yang mulai meningkat.

Meskipun terjadi peningkatan kinerja kuartal ketiga, laju pertumbuhan ditandai penurunan tajam dari kuartal kedua, ketika ekonomi tumbuh pada tingkat 3,9%.

Dari tahun sebelumnya, ekonomi tumbuh 2,2% pada kuartal ketiga, paling lambat dalam laju tahunan sejak kuartal pertama 2014. Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi telah berdiri sekitar tingkat sederhana 2% selama beberapa tahun terakhir, dengan tidak ada terobosan berkelanjutan bagi perekonomian sejak akhir resesi pada tahun 2009.

Peningkatan pada kuartal ketiga sebagian besar karena revisi naik tajam untuk persediaan pribadi, yang masih membebani pertumbuhan PDB, tapi tidak sebanyak yang awalnya diperkirakan.

Persediaan naik membantu meningkatkan produk domestik bruto, tetapi bisa menjadi hambatan potensial pada kuartal keempat ketika persediaan ditarik. “Mutasi persediaan pada dasarnya hanya mengocok pertumbuhan antara Q3 dan Q4,” demikian dinyatakan Stephen Stanley, kepala ekonom di Pierpont Securities Amherst.

Laporan hari Selasa juga menunjukkan bisnis investasi-mencerminkan pengeluaran pada konstruksi, peralatan dan penelitian dan pengembangan-lebih kuat dari yang diperkirakan. Investasi nonhunian tetap naik pada laju 2,4%, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya dari 2,1% sebelumnya, karena perusahaan meningkatkan belanja pada peralatan.

Penjualan akhir sektor riil, ukuran output ekonomi yang mengecualikan perubahan persediaan, naik pada laju 2,7% pada kuartal ketiga, turun dari perkiraan pertumbuhan sebelumnya pada 3%. Angka tersebut kira-kira mengukur nilai barang dan jasa buatan pribadi dan perusahaan yang dibeli di dalam dan di luar negeri.

Belanja konsumen, yang mewakili lebih dari dua pertiga dari output ekonomi, meningkat pada tingkat 3% pada kuartal ketiga, turun dari perkiraan awal 3,2% dan 3,6% dari kecepatan kuartal kedua ini. Keuntungan baru-baru ini dipimpin oleh pengeluaran yang kuat pada barang tahan lama, seperti mobil.

Para ekonom memperkirakan dolar yang kuat dan melemahnya permintaan luar negeri akan menekan turun pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga. Laporan hari Selasa menunjukkan perdagangan dikurangi 0,22 persentase poin dari tingkat pertumbuhan. Ekspor, yang menambah output, naik pada laju 0,9% pada kuartal ketiga, turun dari estimasi awal 1,9%, sedangkan impor naik 2,1%.

Pengeluaran pemerintah, yang sebagian besar telah menghambat pertumbuhan ekonomi sejak 2010, maju pada kecepatan 1,7%, sejalan dengan pembacaan sebelumnya.

Langkah PDB telah banyak direvisi dalam kuartal ini, membuat data awal lebih sulit untuk ditafsirkan. Revisi lebih lanjut untuk kuartal ketiga yang mungkin pada 22 Desember, ketika Departemen Perdagangan merilis estimasi ketiga dari PDB.

Tapi laporan Selasa akan menjadi terakhir dibaca bagi para pejabat Federal Reserve sebelum pertemuan berikutnya 15-16 Desember, ketika banyak ekonom memperkirakan bank sentral untuk menaikkan suku bunga jangka pendek untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Ekonom umumnya mengatakan angka-angka terbaru mungkin menghalangi pejabat Fed bergerak pada bulan Desember.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here