Kondisi Moneter Tiongkok Tertinggi Dalam 13 Bulan

457

Kondisi moneter Tiongkok menguat pada bulan Oktober ke level tertinggi dalam 13 bulan, meskipun pelonggaran lebih lanjut mungkin diperlukan untuk menjaga ekonomi keluar dari deflasi, demikian dinyatakan HSBC, Rabu (25/11).

HSBC China Monetary Conditions Indicator (MCI), merupakan ukuran dari kondisi moneter dalam perekonomian Tiongkok, menguat untuk bulan ketiga berturut-turut pada bulan Oktober ke level tertinggi 13 bulan dari 1,5, menurut laporan tanggal 20 November oleh kelompok perbankan Sino-British.

“Ini adalah bulan ketiga berturut-turut perbaikan, menyiratkan bahwa dampak dari langkah-langkah kebijakan pelonggaran kumulatif sedang dirasakan,” kata laporan itu.

Para analis memperkirakan Beijing akan meluncurkan kebijakan moneter lebih agresif di tahun mendatang untuk melawan risiko deflasi, termasuk penurunan suku bunga dan penurunan lebih lanjut dalam jumlah dana bank diwajibkan untuk disisihkan sebagai cadangan.

Pada tahun lalu, Bank Rakyat Tiongkok telah mengumumkan enam penurunan suku bunga utama, sementara juga memotong rasio persyaratan cadangan bank ’empat kali, karena ekonomi negara itu tampaknya akan tergelincir di bawah 7 persen tahun ini untuk pertama kalinya dalam 25 tahun.

MCI Oktober menunjukkan bahwa kondisi keuangan Tiongkok adalah “sebanding” ke tingkat yang terlihat pada bulan Oktober 2014, demikian pernyataan analis yang dipimpin oleh Qu Hongbin, kepala ekonom untuk Greater China di HSBC, mengatakan dalam report.

Indikator HSBC’s China Monetary Conditions untuk Oktober menguat ke tertinggi dalam tingkat lebih dari satu tahun.

Depresiasi yuan terhadap dolar AS, menyusul reformasi Tiongkok dengan mekanisme penetapan nilai tukar, telah mengakibatkan hasil yang lebih kecil dari nilai tukar riil efektif pada MCI.

Selain itu, pertumbuhan pasokan uang riil M2 membuat kontribusi yang lebih tinggi ke MCI dari pada September, didorong oleh peningkatan pasokan uang dan penurunan inflasi.

Pertumbuhan M2 naik menjadi 13,5 persen tahun-ke-tahun pada bulan Oktober, naik dari 13,1 persen pada September, menandai laju tercepat pertumbuhan sejak Juli tahun lalu.

Namun demikian, kontribusi dari tingkat bunga riil tetap tidak berubah untuk bulan ketiga berturut-turut pada bulan Oktober, sebagai dampak dari penurunan suku bunga pada tanggal 23 Oktober.

Inflasi konsumen Oktober Tiongkok ada di bawah ekspektasi pasar sebesar 1,3 persen, menurun dari 1,6 persen pada September. Penurunan ini didorong sebagian oleh penurunan inflasi makanan, meskipun inflasi non-food juga mereda, menandakan kelemahan dalam inflasi inti.

MCI awal tahun ini sebagai cara untuk memberikan ukuran yang lebih akurat dari kondisi moneter. Pertumbuhan uang beredar, yang diukur dengan M2, telah menjadi kurang dapat diandalkan sebagai indikator fleksibilitas yang diperbolehkan yang lebih besar dalam mata uang, dan sebagai reformasi lainnya yang dibuat dalam perekonomian , menurut HSBC.  Bank menerbitkan MCI versi cetak pertama pada bulan Mei, untuk data pelacakan April.

Ke depan, perekonomian Tiongkok masih menghadapi melemahnya permintaan eksternal, perlambatan di sektor industri, dan meningkatkan risiko deflasi, HSBC mengatakan dalam laporan.

Deflasi berkepanjangan akan mengikis potensi pertumbuhan Tiongkok dan menimbulkan risiko ekonomi, analis mengatakan, bahkan sebagai data penjualan ritel terbaru menunjukkan belanja konsumen tetap kuat.

HSBC memperkirakan Tiongkok akan meluncurkan pelonggaran sebagai langkah-langkah untuk mendukung pertumbuhan. Ini termasuk pengurangan 100 basis poin dalam rasio persyaratan cadangan pada akhir tahun. Tahun depan mungkin akan melihat seperempat poin tingkat kebijakan pemotongan dan 200 basis poin dalam persyaratan cadangan bank.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here