Meski Indeks Optimisme Perancis Stabil, Kekhawatiran Pengangguran Menurun

455

Sebelumnya sudah dilaporkan bahwa rilis awal kinerja bulanan sektor swasta Perancis untuk periode yang berakhir November  2015 menurun ke posisi terburuknya dalam kurun 3 (enam) bulan terakhir. Sektor swasta Perancis melaporkan penuran terjadi oleh pertumbuhan  sektor jasa yang menurun dari sektor manufakturnya.

Meski kinerja sektor swastanya sejauh ini menurun, namun berdasarkan rilis Kantor statistik INSEE siang ini (25/11) atas data tingkat keyakinan konsumen bulanan negaranya untuk periode yang berakhir pada November 2015 stabil mengikuti sentimen  bulan Oktober. Indeks keyakinan konsumen Perancis pada bulan November  ini stabil di posisi 96,0 , dimana level tersebut terendah dalam 2 bulan terakhir. Secara rinci dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

France Consumer Confidence

Dalam rilis siang ini terlihat bahwa pandangan konsumen rumah tangga Perancis pada bulan November  ini terhadap situasi keuangan mereka selama dua belas bulan ke depan melemah, dimana indeks yang mengukur pandangan tersebut terkontraksi makin dalam pada level -11 dari yang semula hanya sebesar -10 pada bulan Oktober. 

Terhadap pandangan konsumen rumah tangga Perancis rumah tangga Perancis untuk kapasitas tabungan mereka sedikit meningkat, naik 2 poin menjadi 10 persen. Untuk kapasitas tabungan masa depan mereka naik sedikit, dengan indeks naik ke -4 persen dari -5 persen.

Namun ketakutan konsumen rumah tangga tentang pengangguran menurun tajam, setelah meningkat pada bulan sebelumnya. Indeks berkurang sebesar 24 poin menjadi 36 persen pada November, level terendah sejak Juni 2011.

 

 

 

 

 

 

H Bara/VM/VBN/ Analyst at Vibiz Research Center
Edior: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here