Rupiah Awal Pekan Terkoreksi, Triliunan Dana Asing Keluar Bursa

425

Mengakhiri perdagangan valas awal pekan ini (30/11) kurs Rupiah tidak berhasil menguat secara harian karena aksi jual asing yang sangat besar di bursa saham pada akhir perdagangan hari ini. Dana asing keluar bursa hingga triliunan hari ini.

Lebih banyaknya aksi jual saham oleh asing hingga sesi I bursa berakhir menggerakkan terjadinya net sell sekitar Rp1,4 triliun lebih dengan pergerakan IHSG sore ditutup melemah dari perdagangan sebelumnya. IHSG sesi I berakhir di zona merah dengan penurunan 2,5 persen di posisi 4446 setelah diawal perdagangan dibuka 4527. 

Hari ini rupiah melemah  0,33% ke posisi Rp13.847/US$ dari akhir perdagangan sebelumnya  di pasar spot setelah dibuka pada posisi 13794/US$ pagi tadi.  Demikian  kurs Jisdor  telah ditetapkan BI  hari ini melemah   dari perdagangan sebelumnya menjadi 13840  dari  13747 hari Jumat (27/11) .  Demikian juga berdasarkan  kurs transaksi BI untuk transaksi antar bank hari ini, Rupiah melemah dipatok Rp13,909/US$ untuk kurs jual dan Rp13,771/US$ kurs beli. 

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan awal pekan berpotensi  melemah oleh prospek penguatan   dollar awal pekan ini.

 

 

 

Joel/VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here