Bank of England Pertahankan Suku Bunga 0.5%

1345
Pejabat Bank of England mengatakan prospek jangka pendek untuk pertumbuhan dan inflasi Inggris telah melemah lebih lanjut karena mereka mempertahankan suku bunga acuan mereka pada rekor rendah.
 
Setelah awal tahun 2016 yang mengagetkan untuk pasar global dan kemerosotan dalam minyak mentah, delapan dari sembilan anggota Komite Kebijakan Moneter mengatakan menjaga suku bunga sebesar 0,5 persen untuk saat ini, menjaga “keseimbangan risiko” yang dihadapi dalam perekonomian. Dalam risalah rapat Januari mereka, yang diterbitkan di London pada hari Kamis, para pejabat mengatakan mereka perlu waktu untuk menilai implikasi dari volatilitas pasar baru-baru ini.

Hasil voting 8-1 diperkirakan oleh ekonom dalam survei Bloomberg News, dengan Ian McCafferty menjadi satu-satunya yang setuju untuk peningkatan 25 basis poin. Ia mencontohkan risiko kenaikan biaya domestik dan depresiasi terbaru dari pound sebagai faktor yang mungkin mendorong inflasi di atas target.

“Volatilitas terbaru di pasar keuangan telah menandakan risiko penurunan pertumbuhan global, terutama yang berasal dari pasar negara berkembang,” kata pejabat dalam sebuah pernyataan. Sementara penurunan baru-baru ini dalam minyak “akan menekan inflasi global dalam waktu dekat,” mereka juga dapat mendukung pengeluaran domestik, kata mereka.


Biaya pinjaman telah tidak berubah selama hampir tujuh tahun dan sinyal pembuat risalah kebijakan memiliki sedikit kecenderungan untuk memulai pengetatan dalam waktu dekat. Risiko yang berasal dari gejolak internasional dan prospek voting Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa diminta bank termasuk Goldman Sachs Group Inc, Bank of America-Merrill Lynch dan JPMorgan Chase & Co untuk mendorong kembali perkiraan mereka untuk waktu kenaikan suku bunga yang tingkat pertama menjadi kuartal keempat.

Dengan inflasi jauh di bawah target BOE 2 persen, pejabat juga mencatat bahwa pertumbuhan gaji tetap “tertahan” dan telah turun dalam beberapa bulan terakhir. Peningkatan diharapkan akan “sedikit lebih sederhana dari sebelumnya diasumsikan,” sementara survei bisnis menunjukkan kecepatan yang lebih lambat dari pertumbuhan, kata mereka. Staf memotong perkiraan mereka untuk ekspansi kuartal terakhir dan kuartal ini menjadi 0,5 persen.

 
Bank sentral juga mencatat gejolak di pasar keuangan. Ekuitas global merosot paling dalam lebih dari empat tahun pekan lalu dan Indeks FTSE-100 telah jatuh lebih dari 6 persen tahun ini.
 
Sementara MPC mengatakan ini “menggarisbawahi risiko penurunan pertumbuhan global,” itu tidak menarik kesimpulan tentang dampak potensial terhadap perekonomian. Ini akan memberikan penilaian yang lebih rinci dari prospek dengan keputusan bulan depan, ketika menerbitkan laporan inflasi kuartalan.
 
Bank juga mencatat bahwa penurunan harga minyak baru-baru ini adalah masalah sisi penawaran dan bahwa biaya yang lebih rendah mungkin akhirnya memberikan beberapa dukungan untuk menghabiskan di Inggris dan mitra dagang utamanya. Pada pound, katanya depresiasi sterling sejak November mengangkat prospek rendah pada inflasi melalui harga impor.
 
 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here