Aktifitas Sektor Jasa Tiongkok Meningkat Tertinggi 6 Bulan

774

Sebuah ukuran aktifitas jasa swasta Tiongkok tumbuh pada kecepatan yang lebih cepat di bulan Januari, menunjukkan bahwa langkah-langkah kebijakan pemerintah mendukung pertumbuhan di beberapa bagian perekonomian.

Indeks Caixin Services PMI Tiongkok naik menjadi 52,4 pada Januari, dibandingkan dengan 50,2 pada bulan Desember, Caixin Media Co dan perusahaan riset Markit mengatakan Rabu, menunjuk pemulihan di luar sektor manufaktur. Pembacaan hasil ini adalah yang tertinggi dalam enam bulan.

china-services-pmi (1)

Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi dari bulan ke bulan, sementara tingkat bawah yang menunjuk hasil yang kontraksi.

“Pemerintah harus terus memperdalam reformasi, mengendurkan kontrol administratif dan mengurangi pembatasan masuk pasar bagi penyedia jasa. Ini akan melepaskan potensi sektor jasa dan membantu meningkatkan struktur ekonomi,” katanya.

Sektor jasa Tiongkok telah menjadi salah satu dari beberapa titik terang dalam perekonomian, membantu untuk mengimbangi penurunan tajam dalam industri manufaktur tradisional yang berjuang mengatasi kapasitas yang menganggur dan melemahnya permintaan. Pada 2015, jasa menyumbang 50,4% dari perekonomian domestik bruto China, naik dari 48,1% pada tahun 2014.

Indeks resmi manajer pembelian non manufaktur Tiongkok, yang meliputi sektor konstruksi, turun menjadi 53,5 pada Januari dari 54,4 pada Desember, menurut data dari Biro Statistik Nasional.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here