Preview: Laporan Employment Non-Farm ADP AS

613

Employment sektor swasta AS berkembang dengan 257.000 pekerjaan di bulan Desember menurut laporan ADP. Angka ini menunjukkan kekuatan ekonomi yang ada setelah penambahan 211.000 di bulan sebelumnya.

Perkiraan mengenai payrolls swasta bulan Januari memberikan petunjuk awal pada minggu ini yang akan berakhir dengan angka resmi dari departemen tenaga kerja pada hari Jumat. Setiap laporan mengenai data pekerjaan penting untuk dibaca pada hari-hari ini, tetapi taruhannya cukup tinggi dengan angka bulan Januari berhadapan dengan berita pada minggu lalu mengenai jatuh tajamnya GDP kuartal keempat, membuat tren makro berada pada kecepatan yang lambat di akhir penutupan tahun.

Kabar baiknya adalah bahwa para ekonom sedang memperkirakan tingkat pertumbuhan yang layak pada rilis data malam hari ini. Konsensus dari Econoday.com yang memperkirakan kenaikan payrolls swasta sebesar 190.000 di bulan Januari adalah layak. Kenyataannya, proyeksi yang dibuat menunjukkan turunnya kenaikan yang cukup besar dibandingkan dengan yang dibukukan pada dua bulan sebelumnya. Tetapi dalam kondisi sekarang, kenaikan yang sedikit yang mendekati 200.000 sudah cukup meredakan ketakutan bahwa AS sedang tergelincir kedalam resesi.

Untuk mendapatkan perspektif yang lebih dalam, bisa diamati tren tahunan pada rlisi data ADP malam hari ini. Walaupun kecepatan tahunan telah tetap sehat dengan kenaikan yang berkelanjutan diatas batas 2%, tetapi ada penurunan yang pelan namun pasti selama tahun-tahun belakangan ini di dalam angka ADP. Sekalipun ada kenaikan yang kuat di bulan Desember, ADP melaporkan bahwa payrolls swasta AS hanya naik sedikit diatas 2% dibandingkan dengan level ditahun sebelumnya.

Jika kecepatan tahunan turun dibawah 2% di bulan Januari, penurunan ini akan diberikan tanda untuk pertamakalinya sejak musim panas 2013 bahwa payrolls turun dibawah angka ini. Apakah ini menandakan adanya persoalan? Kita harus menahan napas sampai data resmi dari Washington keluar pada hari Jumat.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here