Initial Jobless Claims AS

893

 

Update data kemarin mengenai pertumbuhan pekerjaan di sektor swasta di bulan Januari melalui laporan ADP memberikan semangat. Memang benar, kecepatan penciptaan pekerjaan melambat cukup besar relatif dibandingkan dengan kenaikan dibulan Desember yang menggairahkan. Tetapi penambahan 205.000 pekerjaan sebulan pada bulan lalu cukup kuat untuk menghilangkan ketakutan bahwa ekonomi AS secara keseluruhan sedang terjungkal di tahun yang baru.

Update pada malam hari ini mengenai kondisi pengurangan pekerjaan akan menambah warna terhadap laporan ADP kemarin yang lebih lemah tetapi masih merupakan kabar yang baik. Klaim pengangguran masih terus memberikan angka yang bullish. Laporan terakhir untuk pekerja yang menganggur yang baru perminggu sebesar 278.000, suatu penurunan yang tajam dari minggu sebelumnya dan mendekati terendah selama multi dekade sebesar 255.000.

Namun perbandingan pertahun masuk ke teritori positip pada minggu lalu pertama kalinya dalam lima bulan. Tetapi terlalu cepat untuk menyimpulkan apakah perubahan angka tahunan ini adalah suatu peringatan dini atau hanya sementara sifatnya. Perlu diingat, kita telah melihat klaim meningkat secara tahunan di dalam beberapa tahun belakangan, tetapi bias kenaikan tersebut dengan cepat berbalik kembali menjadi tren turun.

Para analis memperkirakan hanya ada sedikit perubahan didalam rilis data pada malam hari ini. Klaim pengangguran diperkirakan naik sebesar 2000 menjadi 280.000 menurut survei data dari Econoday.com. Sedangkan menurut Forex crunch klaim pengangguran akan naik menjadi 286.000. Jika ini benar, berarti tidak ada berita baru, yang berarti kabar baik.

Data yang keluar pada malam hari ini, klaim pengangguran untuk minggu yang berakhir pada tanggal 30 Januari 2016 adalah sebesar 285.000, kenaikan sebesar 8000 dari minggu sebelumnya, dimana angka minggu lalu direvisi turun menjadi 277.000 dari sebelumnya 278.000.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here