Rupiah Kamis Berhasil Pukul Dollar AS Dengan Kuat

386

Hingga penutupan perdagangan pasar valas tanah air awal pekan (1/02), penguatan  rupiah yang terjadi sejak  perdagangan pagi berhasil bertahan hingga sore ini bahkan kuat seklai menekan dollar AS. Momentum anjloknya dollar AS terhadap banyak mata uang di dunia ini serta major currencies oleh sentimen sulitnya the Fed lanjutkan ekspansi suku bunga lanjutannya.

Penguatan rupiah dari pagi  ke sore membuat asing masukkan dananya cukup besar ke bursa saham sehingga   mencetak net buy  sebesar Rp361 miliar. Dan  aksi asing ini   membuat IHSG bertahan di kenaikan  1,5 persen  ke posisi 4666.  

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak naik dengan posisi peningkatan 0,94% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13640/US$ setelah  dibuka kuat   pada level Rp13695/US$. Penguatan   kurs siang ini seiring   dengan penguatan  yang dilakukan BI terhadap   kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia   hari ini diperkuat ke 13662  dari hari sebelumnya 13757 pada hari Rabu (3/02), sedangkan kurs transaksi antar bank melemah  ke posisi 13,730.00  dari posisi 13,826.00 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah masih akan bergerak positif oleh sentimen optimisme investasi di tanah air dan anjloknya  dollar AS. 

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here