Preview: Pidato Yellen dan Perkiraan Inflasi AS

486

Kenaikan volatilitas pasar belakangan ini, dikombinasikan dengan data ekonomi yang sedang goyang, pasti menjadi pusat dan terdepan dalam pembicaraan ketika gubernur Janet Yellen berbicara di depan House Financial Services Committee. Sementara itu, kita perlu melihat pada perkiraan inflasi pasar Treasury 10 tahun yang telah terjatuh belakangan ini, turun ke level terendah sejak Resesi Besar yang menghantam landskap makro di awal tahun 2009.

Meningkatnya keprihatinan mengenai deflasi, dengan perkataan lain, berada pada agenda yang tinggi dengan Yellen tiba di Capitol Hill hari ini. Spread imbal hasil untuk surat dengan nominal 10 tahun dikurangi counterpart indeks inflasi turun dibawah 1.20 di trading tengah hari, pada hari Selasa yang lalu – terendah dalam tujuh tahun. Penurunan ini adalah satu dari beberapa faktor yang menaikkan pertanyaan yang baru mengenai kebijaksanan dari kenaikan tingkat bunga the Fed sebanyak 25 basis poin di bulan Desember – ronde pertama dari pengetatan moneter sejak tahun 2006.

Mohamen El-Erian, kepala penasehat ekonomi dari perusahaan jasa keuangan Allinz, menulis pada hari Selasa bahwa Yellen harus menyinggung mengenai resiko dari deflasi pada malam hari ini – apakah ini sekarang merupakan resiko kunci dari ekonomi AS? “Kemungkinan dari pertumbuhan upah yang lebih tinggi menunjukkan tren naik dari inflasi,” dia memberikan catatan pada hari kemarin. “Tetapi ada juga kekuatan lain yang mendorong kearah yang lain, termasuk jatuhnya harga minyak lebih lanjut selama beberapa bulan belakangan, yang telah menambah tren deflasi di Eropa khususnya. “

Pasar Treasury cenderung melihat resiko ini sedang naik. Apakah artinya ini bagi kebijakan the Fed kedepan? Untuk jangka pendek orang bertaruh bahwa kemungkinannya mendekati nihil untuk kenaikan tingkat bunga pada pertemuan kebijakan bulan depan, berdasarkan data CME.

Apakah itu adalah urusan sementara atau suatu signal awal bahwa the Fed akan terpaksa membalikkan rencananya yang sedikit hawkish sampai pemberitahuan selanjutnya? Semua mata dan telinga akan tertuju kepada Yellen pada malam hari ini untuk mencari jawaban.

 

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here