Bank Sentral Korea Diperkirakan Mempertahankan Suku Bunga Tetap

571

Bank sentral Korea diperkirakan mempertahankan suku bunga tetap pada bulan Februari meskipun tanda-tanda lemah dari pemulihan ekonomi dan ekspor yang mungkin memerlukan kenaikan suku bunga, demikian jajak pendapat menunjukkan pada Kamis (11/02).

Dalam jajak pendapat bulanan yang dilakukan oleh Yonhap Infomax, perpanjangan berita keuangan dari Yonhap News Agency, semua 10 ekonom yang disurvei memproyeksikan Bank of Korea (BOK) untuk menahan suku bunga acuan tetap pada 1,5 persen untuk bulan Februari.

Bank sentral telah mempertahankan suku bunga acuan stabil selama tujuh bulan berturut-turut setelah membawa suku bunga ke rekor rendah melalui penurunan suku bunga terbaru pada bulan Juni 2015. Dewan kebijakan moneter Bank Korea akan mengadakan pertemuan bulanan untuk pengaturan suku bunga Selasa depan.

Para ekonom menyatakan ketidakpastian yang terus menerus di pasar keuangan global sebagai salah satu faktor yang dapat mencegah penurunan suku bunga.

“Pengenalan terbaru dari suku bunga negatif oleh Bank of Japan telah menghidupkan kembali perang mata uang global, tetapi BOK kemungkinan akan mempertahankan pandangan negatif pada suku bunga sebagai nilai won Korea terus menunjukkan fluktuasi,” kata Park Jong -yeon, seorang peneliti senior di NH Investment & Securities.

Banyak telah mencatat kebutuhan untuk penurunan suku bunga untuk mendorong pertumbuhan di ekonomi terbesar keempat di Asia.

Ekspor Korea, mesin pendorong utama untuk pertumbuhan negara, jatuh 18,5 persen secara tahunan pada bulan Januari setelah turun terus setiap bulan tahun lalu. Para ekonom yang disurvei bersikeras BOK kemungkinan akan fokus pada stabilitas untuk saat ini.

“Kebutuhan untuk meningkatkan perekonomian tumbuh di tengah perlambatan ekspor dan harga minyak yang rendah, namun penurunan suku bunga dapat menjadi katalisator lain untuk arus keluar massa modal asing, terutama ketika pasar valuta asing tetap lesu saat ini,” ekonom Kookmin Bank kata Kim Seon-tae.

Korea baru-baru ini menyaksikan aksi jual oleh investor asing menyusul kenaikan suku bunga AS pertama dalam hampir satu dekade akhir tahun lalu.

Lima dari 10 ekonom yang disurvei memperkirakan BOK untuk memangkas suku bunganya menjadi 1,25 persen pada Maret, sementara delapan dari mereka diharapkan bank sentral untuk menurunkan suku bunga utamanya dari tingkat saat ini setidaknya pada bulan Juni. 

 


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here