Kekuatan Rupiah Selasa Pagi Berlanjut, Obligasi 12 Triliun Siap Diburu

537

Mengawali perdagangan pasar valas hari kedua pekan ini, rupiah Selasa (16/02)  kembali dibuka kuat melanjutkan pergerakan sebelumnya dan terus bergerak positif mengalahkan dollar AS. Lelang obligasi denominasi rupiah dengan target Rp12 triliun yang diluncurkan pemerintah diperkirakan akan diburu asing sehingga akan terus menambah tenaga penguatan rupiah hari ini.

Positifnya rilis data ekonomi Indonesia yang dirilis beberapa pekan terakhir semakin menambah optimisme investasi terhadap rupiah, yang menunjukkan salah satu negara emerging market ini menjadi pilihan para pelaku pasar keuangan global.

Penguatan rupiah terhadap dollar  sejak awal pekan ikut menghijaukan bursa saham pagi ini, dimana  asing kembali memburu saham-saham kapital besar dan mencetak net buy Rp153 miliar. Akibatnya IHSG sesi pertama bergerak positif dengan penguatan 0,2 persen ke posisi 4749.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak positif  dengan posisi penguatan 0,05% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13372/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13325/US$.  Demikian kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini diperkuat ke 13333  dari hari sebelumnya 13476  pada hari Senin  (15/02).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat  hingga akhir perdagangan didukung dengan proyeksi dollar yang  melemah, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13375  resistance  13294 per dollar.  

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here