Peringkat Kredit Korea Selatan Stabil

1401

Departemen Keuangan Korea Selatan mengatakan bahwa lembaga pemeringkat global akan mempertahankan stabil pandangan credit rating Korea Selatan menepis peluncuran dari rudal jarak jauh Korea Utara dan penutupan dari Kompleks Industri Kaesong.

Kementerian Keuanga Korea Selatan mengatakan pada hari Selasa (16/02) bahwa Moody Investor Service percaya bentrokan yang sebenarnya antara kedua Korea tidak mungkin terjadi, sementara Fitch Ratings menyebut konfrontasi yang terjadi baru-baru sebagai pengulangan peristiwa masa lalu.

Standard and Poor dilaporkan memproyeksikan bahwa risiko geopolitik dari krisis baru-baru ini akan memiliki dampak yang terbatas pada perekonomian Korea Selatan, seperti yang sudah tercermin dalam sovereign credit rating Korsel.

Pada Desember tahun lalu, Moody menaikkan peringkat kredit Korea Selatan untuk AA2, peringkat tertinggi yang pernah Korea Selatan yang diterima dari penilai kredit internasional. Fitch dan Standard and Poor mempertahankan sovereign rating Korsel di AA-.

Kementerian Keuangan menyajikan posisi resmi dari lembaga pemeringkat global untuk meyakinkan para investor di tengah spekulasi bahwa peningkatan risiko geopolitik negatif akan mempengaruhi rating kredit Korea Selatan.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here