Risalah FOMC : Peningkatan Suku Bunga Terganjal Hambatan Ekonomi AS dan Tiongkok

918

Pembuat kebijakan Federal Reserve AS memperdebatkan pandangan mereka untuk suku bunga bulan lalu menyatakan keprihatinan bahwa penurunan harga komoditas dan pelemahan di pasar keuangan semakin meningkatkan risiko bagi perekonomian AS.

“Peserta menilai bahwa implikasi keseluruhan perkembangan untuk prospek kegiatan ekonomi domestik tidak jelas tetapi mereka sepakat bahwa ketidakpastian meningkat,” menurut risalah dari pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) 26-27 Januari yang dirilis Rabu di Washington. “Banyak melihat perkembangan ini sebagai peningkatan risiko penurunan prospek.”

Pembuat kebijakan, yang memproyeksikan pada bulan Desember bahwa mereka akan menaikkan suku bunga empat kali tahun ini, berjuang dengan dampak dari gejolak pasar yang telah menimbulkan keraguan atas prospek ekonomi global. Ketua Fed Janet Yellen yang menyarankan dalam kesaksian kongres pekan lalu bahwa bank sentral dapat menunda rencananya untuk kebijakan ketat untuk menilai bagaimana perekonomian bereaksi terhadap hambatan saat ini.

Risalah masuk lebih detail dari pernyataan FOMC pada kekhawatiran pembuat kebijakan tentang risiko terhadap ekonomi AS. Sementara suara anggota “umumnya sepakat” mereka tidak bisa menilai keseimbangan risiko terhadap prospek, para pejabat “mengamati bahwa jika pengetatan terbaru dari kondisi keuangan global berkelanjutan, itu bisa menjadi faktor memperkuat risiko penurunan,” menurut laporan.

Bagian lain dari risalah menunjukkan bahwa minoritas pembuat kebijakan menilai bahwa perkembangan terakhir telah “meningkatkan tingkat risiko penurunan atau bahwa risiko tidak lagi seimbang.”

“Sementara peserta terus berharap bahwa penyesuaian bertahap dalam sikap kebijakan moneter akan sesuai, mereka menekankan bahwa waktu dan kecepatan penyesuaian akan tergantung pada perkembangan ekonomi dan pasar keuangan masa depan dan implikasinya terhadap prospek ekonomi jangka menengah,” demikian dalam risalah.

Pejabat sepakat bahwa indikator pasar tenaga kerja yang masuk telah “menguatkan,” sedangkan data pengeluaran dan produksi “mengecewakan.”

Tingkat pengangguran turun menjadi 4,9 persen pada bulan Januari dan sebagian pengangguran turun ke level yang terakhir sebelum runtuhnya Lehman Brothers Holdings Inc. Pertumbuhan ekonomi di AS melambat ke tingkat tahunan 0,7 persen pada kuartal keempat sebagai belanja rumah tangga ditahan dan bisnis mengurangi investasi modal dan persediaan disesuaikan.

“Sejumlah peserta prihatin tentang hambatan potensial pada ekonomi AS dari efek yang lebih luas dari perlambatan yang lebih besar dari perkiraan di Tiongkok” dan negara berkembang-pasar lainnya, kata risalah tersebut.

Pembuat kebijakan mencatat bahwa penurunan lebih lanjut harga energi dan apresiasi tambahan dolar “mungkin menyiratkan bahwa inflasi akan tercapai sedikit lebih lama dari yang diantisipasi sebelumnya naik” ke 2 persen.

Indeks harga yang disukai Fed telah mendekam di bawah target selama lebih dari tiga tahun. Tingkat harga naik 0,6 persen dalam 12 bulan sampai Desember, laju tercepat dalam setahun.

“Beberapa peserta mencatat bahwa bukti langsung untuk inflasi naik menuju 2 persen akan menjadi elemen penting dari penilaian mereka tentang prospek dan jalan yang tepat untuk kebijakan,” menurut risalah.

Yellen mengatakan kepada anggota parlemen AS pekan lalu bahwa kebijakan moneter adalah “tidak berarti” pada jalur yang telah ditetapkan, dan setiap keputusan untuk mengubah suku bunga 0,25 persen menjadi 0,5 persen akan tergantung data.

 

Bella Donna/VMN/VBN/Senior Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here