Preview: Initial Jobless Claims AS

536

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru tunjangan pengangguran menurun tajam pada minggu lalu, menunjukkan pasar tenaga kerja tetap tangguh meskipun pertumbuhan ekonomi yang suam-­suam kuku.

Jumlah klaim pengangguran turun 16.000 menjadi 269.000. Para analis memperkirakan minggu lalu klaim pengangguran yang baru sebesar 287.000. Rata-rata bergerak empat minggu turun 3.500 menjadi 281.250 pada minggu yang lalu.

Sebelumnya, kelihatannya seolah-olah tren klaim pengangguran terperangkap dalam pola penurunan, berdasarkan angka-angka bias naik di bulan-bulan belakangan. Tetapi rilis data minggu lalu memusnahkan tren yang mengkuatirkan tersebut, memberikan kabar baik yang tepat waktu untuk outlook jangka pendek. Pertanyaan pada hari ini adalah apakah rilis berita yang menggembirakan tersebut hanya sekali itu saja? Semua orang ingin tahu apakah update data pada malam hari ini dibangun atas reversal bullish pada minggu yang lalu.

Konsensus dari Briefing.com memperkirakan akan ada sedikit penambahan pada rilis data mingguan malam hari ini. Klaim pengangguran diperkirakan akan naik sebesar 5000 menjadi 274.000 untuk minggu sampai dengan 13 Februari. Dengan perkataan lain, beberapa dari perbaikan pada minggu yang lalu akan berakhir, walaupun tidak cukup banyak untuk mendorong indikator terdepan ini untuk balik ke posisi “bearish”.

Dibawah angka 290.000, beralasan untuk menginterpretasikan data pada malam hari ini sebagai memberikan signal bahwa pasar tenaga kerja akan tetap melanjutkan perkembangannya.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here